Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Panca Kelola Sumber Daya Lahan Pertanian

by Admin SIBER - 2018-04-17 21:01:00 902 Dibaca
Panca Kelola Sumber Daya Lahan Pertanian
Panca Kelola Sumber Daya Lahan Pertanian

PANCA KELOLA SUMBER DAYA LAHAN PERTANIAN Yang meliputi :
1. Pengelolaan air
2. Pemupukan berimbang
3. Pengelolaan bahan organik
4. Ameliorasi dan konservasi tanah
5. Integrasi ternak

Kegiatan tersebut rencana akan dilaksanakan di desa Tamban Tengah Kecamatan Tamban Catur, Kab. Kapuas, Rencana kerjasama tersebut tadi di sampaikan oleh Kepala Balitra Banjar Baru Ir. Hendri Sosiawan CESA tadi pagi di ruang Kepala Dinas Pertanian Kapuas yang di dampingi oleh pakar-pakar/peneliti seperti Prof . M. Noor, Dr. Masganti, Dr. Ishar dkk.

(Baca Juga : Gelar Pelatihan Linmas Desa Guna Persiapan Pilkades Serentak)

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pertanian Kapuas Ir. Anjono Bhakti, MM sangat mendukung dan berterimakasih atas bantuan dan kerjasama baik yang sudah di laksanakan maupun yang akan datang, karena dengan program tersebut di harapkan mampu meningkatkan penggunaan padi varietas unggul baru sekaligus meningkatkan indek pertanaman (IP) dimana Kab. Kapuas saat ini pertanamannya masih di dominasi padi varietas unggul lokal (Vul) siam sekitar 80 sd 85 %. Tujuan akhirnya adalah peningkatan produksi dan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kapuas memberikan sampel beras IPB 1R Dadahup yang menjadi primadona unggulan Kab. Kapuas karena rasanya mirip padi lokal  siam tapi umur tanamannya pendek sekitar 110 sd 120 hari setelah tabur benih. Dengan sampel tersebut di harapkan Kepala Balitra dan peneliti dari Balitra mencicipi rasa khas dari varietas IPB 1 R Dadahup sekaligus dapat membantu mengembangkan varietas tersebut.

Share: