Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Rakor Lintas Sektor Dalam Menghadapi Perayaan Hari Besar Dimasa Pandemi

by Kecamatan Timpah - 2021-04-01 21:25:00 1,545 Dibaca
Rakor Lintas Sektor Dalam Menghadapi Perayaan Hari Besar Dimasa Pandemi foto bersama usai rakor
Rakor Lintas Sektor Dalam Menghadapi Perayaan Hari Besar Dimasa Pandemi rakor di pimpin langsung camat timpah
Rakor Lintas Sektor Dalam Menghadapi Perayaan Hari Besar Dimasa Pandemi peserta rakor dari lintas sektor

KUALA KAPUAS - Camat Timpah Yunius Tunggal, S.Sos memimpin langsung kegiatan rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka menghadapi perayaan paskah, bulan ramadhan dan lebaran Idul Fitri dimasa pandemi covid 19 yang akan datang, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Timpah, Kamis (1/4/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pula oleh Kapolsek Timpah, perwakilan dari Koramil Timpah, Kepala Desa, Aparat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyararakat, staf dan trantip kecamatan Timpah.

(Baca Juga : Dinkes Selenggarakan Bimtek Kader Keamanan Pangan )

Rapat berjalan lancar dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan, dimana dalam kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepekatan diantaranya adalah pembatasan penggunaan rumah ibadah, maksimal setengah atau 50 persen dari kapasitas ruang yang tersedia.

Kemudian melengkapi diri dengan Alat Pelindung Diri (APD), serta alat ibadah dibawa masing-masing pengguna rumah ibadah dari rumah, hal ini untuk mencegah dan memutus mata rantai covid 19 secara bersama-sama. Sedangkan untuk kegiatan acara pernikahan agar diawasi dengan selektif dan meniadakan acara hiburan agar tidak terjadi kerumunan masa yang berpotensi dalam penyebaran covid19 

Timpah adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Kapuas yang terdampak Covid 19, dimana data dari Satgas Covid 19 Kasus terkonfirmasi ada 16 orang  dan meninggal 2 orang, ini yang membuat Camat Timpah yaitu Yunius Tunggal, S.Sos merasa prihatin dan tak henti-hentinya mengkampanyekan gerakan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas, apalagi menjelang perayaan paskah bagi kaum kristiani dan bulan puasa rhomadan dan lebaran bagi kaum muslimin ungkapnya.

Yunius tunggal, S.Sos berharap dengan diterapkannya protokol kesehatan dalam penyelenggaran kegiatan keagamaan/ibadah di kecamatan Timpah bisa meminimalisir kasus terkonfirmasi. “Selain itu juga akan mendorong dan mengoptimalkan PPKM skala mikro warga/masyarakat tingkat desa agar masyarakat desa bisa mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya di posko PPKM,” ujarnya.

Hal ini sambungnya selain untuk memberikan edukasi juga sebagai sarana deteksi dini dalam penanganan kasus covid 19 secara terstruktur dan sistematis yang berkoordinasi langsung dengan tim satgas kecamatan. “Sehingga kedepan untuk penanganan kasus maupun penyebaran vaksin bisa lebih terkendali dan terstruktur yang mana diharapkan mampu memutus mata rantai covid ini,” imbuhnya. (Tmph/hmskmf)

Share: