Bupati Kapuas Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 08 April 2021 08:38, Dibaca 122 kali.

 

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat ikut menghadiri secara virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021, Kamis (8/4/2021).

(Baca Juga : Ikrar Sumpah Pemuda Satukan Indonesia)

Secara terpisah, dari Pemerintah Kabupaten Kapuas sendiri, juga diikuti oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor didampingi Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Kepala Bappeda Ahmad M Saribi, Kepala BPPRD Andres Nuah dan Kepala BPKAD Yan Hendri Ale, bertempat di Aula Bappeda Kapuas.

Ben Brahim S Bahat didalam Musrenbang tingkat Provinsi Kalteng ini menekankan terkait infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Batanjung yang ada di Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, dimana  menurut Ben hingga sampai saat ini masih ada 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng yang bergantung dengan Pelabuhan Trisakti yang ada di Kalimantan Selatan.

“Kami mohon dukungan dari Pemerintah Provinsi agar pembangunan jalan dari Kota Kuala Kapuas menuju Pelabuhan Batanjung dapat segera terealisasikan dengan Panjang 52 KM,” ucap Ben.

Menurutnya, dengan berfungsinya Pelabuhan Batanjung dinilai akan memberikan manfaat yang besar terhadap perekonomian di Kalteng, salah satunya dapat mengurangi beban biaya yang disebabkan dekatnya pengantaran barang jika dibandingkan melalui Pelabuhan Trisakti.

“Untuk itu, kami sekali lagi meminta agar Pemerintah Provinsi dapat merealisasikan program ini sehingga kawasan Pelabuhan Batanjung  dapat dijadikan sebagai kawasan industri,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengutarakan tema RKPD tahun 2022 adalah Stabilitas Ekonomi dengan Penguatan SDM yang Berdaya Saing. “Dengan prioritas pembangunan tetap pada bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian,” ungkapnya.

Dijelaskannya akibat pengaruh Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2020 adalah minus 1,40 persen. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalteng masih lebih baik dibandingkan Nasional yang sebesar minus 2,07 persen.

“Selain itu, angka kemiskinan 5,26 persen lebih baik dari Nasional sebesar 10,19 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 71,05 dan Gini Ratio 0,320 lebih baik dibandingkan Nasional sebesar 0,382,” terangnya.

Kegiatan Musrenbang ini juga diikuti oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kemendagri, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/ Bappenas serta Bupati dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng dari tempat masing-masing. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta