Pramuka Kapuas Bagi Ratusan Masker dan Takjil

Kontribusi dari DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KAPUAS, 02 Mei 2021 10:11, Dibaca 279 kali.

KUALA KAPUAS – Ratusan masker dan Paket Takjil buka puasa dibagikan langsung oleh Dewan Kerja Cabang  (DKC) Pramuka Kapuas kepada para pengayuh becak, pedagang asongan disekitar Kota Kuala Kapuas. Hal serupa diberikan pula kepada masyarakat yang melintasi simpang jalan Jawa-Patih Rumbih-Keruing dan simpang Adipura sebagai lokasi pembagian, Minggu (2/5) sore.

Sebelumnya, bertempat di halaman Sanggar Pramuka Kapuas saat melepas keberangkatan DKC Kapuas melaksanakan aksi sosial, Dr H Suwarno Muriyat selaku Kakwarcab menegaskan, Gerakan Pramuka adalah Duta Perubahan Perilaku Ditengah Pandemi Covid-19.

(Baca Juga : BUMDes Usaha Bersama Desa Lunuk Ramba Menjadi Tiga Terbaik Se Kalteng)

“Segala aktifitas yang kita lakukan dimana saja senantiasa wajib menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi sebagai protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19. Saya mengajak seluruh Anggota dan Pembina Pramuka menjadi teladan dalam berperilaku sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru,” tegas Suwarno.

Suwarno Muriyat yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas menambahkan sejumlah kegiatan rutin diantaranya Gesang Merapi (Gelar Senja Sang Merah Putih), latihan gabungan di Sanggar Pramuka Kapuas maupun latihan di Gugusdepan dan Satuan Karya masing-masing yang selama ini dilaksanakan, ditiadakan karena kondisi pandemi. “Namun demikian pengamalan Try Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai kode kehormatan dan moral tetap mewarnai dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Masih ditempat yang sama, Zihan Akbar selaku Ketua Panitia Pelaksana didampingi Ketua DKC Naufal melaporkan, pembagian masker dan takjil menggunakan dana yang bersumber dari donasi/sumbangan sukarela dari para Andalan Cabang dan DKC Kapuas.

“Hasil sumbangan dari Kakak-kakak kami belikan alat pelindung diri (APD) masker, sarung tangan, handsanitizer dan takjil berjumlah 200 paket. Adapun tiap paket takjil buka puasa terdiri dari kolak, kurma, roti, agar-agar, dan air mineral dan masker. Disaat pembagian APD dan takjil kami lakukan pula edukasi 5M kepada masyarakat penerima paket bantuan.

Terima kasih atas sumbangan dari Kakak-kakak Andalan Cabang dan DKC Kapuas sehingga dalam bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini kita dapat berbagi rejeki kepada saudara-saudara kita yang memerlukan serta kami DKC dapat berbuka puasa bersama secara terbatas di Sanggar Pramuka Kapuas,” pungkasnya. (hmsddk/hmskmf)

 

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta