Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Program Vaksinasi Masih Berfokus Kepada Lansia dan Guru

by Op.SIBER_4 - 2021-05-20 14:41:00 692 Dibaca
Program Vaksinasi Masih Berfokus Kepada Lansia dan Guru Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami.
Program Vaksinasi Masih Berfokus Kepada Lansia dan Guru Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami.

 

KUALA KAPUAS – Sesuai arahan Kementerian Kesehatan terkait program vaksinasi untuk masyarakat, prioritas untuk saat ini masih berfokus kepada lansia dan guru. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami saat dihubungi via jaringan saluler, Kamis (20/5/2021).

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar Kapuas Tertibkan Pedagang Pasar)

Saat ramadhan kemarin, dr Tri menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dan guru tetap berjalan sesuai standar yang telah ditentukan. “Namun ada beberapa lansia yang tidak mau vaksinasi dan menunggu setelah lebaran,” katanya.

Ia pun mengungkapkan program vaksinasi banyak dipusatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada diwilayah Kabupaten Kapuas dan belum lama ini telah dilakukan secara massal untuk guru dan calon jemaah haji. “Tentu semua sudah mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah,” ucap dr Tri Setya Utami.

Bahkan, dirinya membeberkan bahwa satu hari sebelum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H, beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih melayani vaksinasi untuk dosis ke-2. “Setelah lebaran pun, PKM dan RSUD juga tetap melayani vaksinasi dengan masih memprioritaskan lansia dan guru-guru,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu pula dr Tri meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin dan tidak terpengaruh akan informasi-informasi hoax terkait vaksin. “Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputaran vaksin Covid-19, dapat mengaksesnya di s.id/infovaksin,” jelasnya.

Hingga saat ini, cakupan vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Kapuas sudah mencapai 2,47 persen untuk dosis ke-1 dengan jumlah yang divaksin sudah 747 lansia dari jumlah sasaran sebanyak 30.191. Sedangkan untuk dosis ke-2 sudah sebanyak 552 lansia yang telah divaksin atau baru mencapai 1,83 persen. (hmskmf)

Share: