Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Pimpinan

Monitoring Food Estate, Wabup Terima Kunker Setkab RI

by Op.SIBER_4 - 2021-06-18 19:04:00 833 Dibaca
Monitoring Food Estate, Wabup Terima Kunker Setkab RI SAMBUTAN – Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM menyampaikan sambutan dalam rangka sambut Kunjungan Kerja (Kunker) rombongan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (RI), Jumat (18/6/2021) di Ruang Rapat Bupati Kapuas.
Monitoring Food Estate, Wabup Terima Kunker Setkab RI CINDERAMATA - Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM menyerahkan cinderamata kepada rombongan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (RI) yang diterima oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan Zaenal Arifin, S.H, M.H, Jumat  (18/6/2021) di Ruang Rapat Bupati Kapuas.
Monitoring Food Estate, Wabup Terima Kunker Setkab RI

 

KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM bersama jajaran sambut Kunjungan Kerja (Kunker) rombongan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (RI) yang dipimpin oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan Zaenal Arifin, S.H, M.H, Jumat (18/6/2021) di Ruang Rapat Bupati Kapuas.

(Baca Juga : Grand Final JLBK Kabupaten Kapuas Tahun 2022, Ini Pemenangnya)

Tampak hadir menyambut kehadiran rombongan yaitu Plt. Kepala Dinas Pertanian Drs. Aswan, Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Perikanan Kapuas dan Dinas PMD Kapuas.

Adapun kunjungan Sekretariat Kabinet itu dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional melalui pengembangan kawasan Food Estate. Kegiatan ini di fokuskan untuk mengidentifikasi permasalahan program peningkatan penyediaan pangan nasional melalui pengembangan kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Kalimantan Tengah khususnya terkait penetapan AOI, perkembangan pengembangan kawasan Food Estate dan model bisnis yang tepat untuk pengelolaan kawasan Food Estate.

Wakil Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan rasa bangga serta terima kasihnya karena rombongan Sekretariat Kabinet mau berkunjung ke Kapuas.  Kemudian, ia mengatakan, pembukaan Food Estate baru berjalan dua tahun di Dadahup dan tahun 2021 sudah dibuka sekitar 20 ribu hektar dan sudah separuh dibersihkan atau sudah jadi.

“Sekitar 9.700 hektar sudah panen dan rata-rata satu hektar bisa mencapai 3 ton beras, padahal normalnya itu bisa mencapai 5 ton. Untuk di wilayah Terusan mencapai 7 ton untuk satu hektar. Kendala yang ada sampai saat ini adalah terkait irigasi yang belum selesai, keterlambatan pupuk dan bibit serta peralatan teknologi yang belum memadai,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya kedatangan rombongan Setkab RI dapat membawa dampak yang baik dan dapat memberikan bimbingan serta arahan kepada masyarakat. Nafiah Ibnor menekankan agar program ini jangan sampai kandas, harus berhasil terus menerus.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Zaenal Arifin menyampaikan terima kasih bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas telah memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung program prioritas nasional yang mana menjadi amanat daripada Presiden Joko Widodo.

Pihaknya berharap apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dari Program Food Estate ini bisa memberikan kontribusi tidak hanya bagi kabupaten ini tetapi bagi provinsi maupun nasional untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan secara nasional.

“Kami juga ingin menyampaikan apa yang menjadi amanat dan arahan dari Bapak Presiden bahwa Food Estate di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara harus dikembangkan dan diselesaikan pada tahun 2021. Kita melakukan kunjungan ini dalam rangka mengawal amanat Presiden ini dan memastikan apa yang menjadi amanat Beliau bisa diselesaikan,” terangnya.

Oleh karena itu, secara teknis pihaknya ingin melihat langsung ke lapangan dan melihat tindak lanjut serta apa yang menjadi kendala daripada pelaksanaan Food Estate ini di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Kami ingin memastikan ini berhasil karena Food Estate di Kapuas ke depannya akan menjadi percontohan bagi kawasan Food Estate di provinsi lain. Semoga kehadiran kami ini bisa mendorong serta meningkatkan komitmen dan kinerja daripada penyelesaian Food Estate di Kabupaten Kapuas,” ungkapnya. (hmskmf)

Share: