MASYARAKAT SAMPAIKAN KEPUASAN TERHADAP RSUD KAPUAS

Kontribusi dari RSUD KAPUAS, 01 November 2018 10:11, Dibaca 244 kali.

KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Soemarno Sosromatmodjo Kuala Kapuas beberapa waktu yang lalu melaksanakan kegiatan survey kepuasan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Survey tersebut dimulai pada tanggal 1 hingga 20 Oktober 2018 bertempat di Ruang Rawat Jalan dan Rawat Inap RSUD, yang mana hasil survey disampaikan pada tanggal 24 Oktober 2018.

Adapun hasil survey dilingkungan RSUD tersebut didapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 79 yang berarti mutu pelayanan (Baik). Hasil tersebut didapat dari 9 (Sembilan) unsur yang disurvei kepada masyarakat yaitu Persyaratan Pelayanan, Prosedur Pelayanan,Waktu Pelayanan,Biaya/Tarif Pelayanan,Produk Pelayanan,Kompetensi Petugas Pelayanan,Perilaku Petugas Pelayanan,Sarana dan Prasarana serta Penanganan Pengaduan.

(Baca Juga : Bupati Kapuas Serahkan 176 SK CPNS Formasi Umum 2018)

Hasil survey menjelaskan unsur yang mendapatkan respon tertinggi dari pengguna layanan adalah unsur kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya yaitu 85 % responden menjawab sesuai. Hal ini dipicu karena telah ditampilkan persyaratan di tempat umum/ media sosial sehingga diketahui oleh masyarakat.

Sedangkan unsur yang mendapatkan respon terendah yaitu perihal pendapat masyarakat tentang kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan yaitu 54 % responden menjawab banyak yang sesuai.

Penanggung jawab survei dr.Jum’atil Fajar  menjelaskan jumlah responden pelaksanaan survei kepuasan masyarakat sebanyak 100 orang. “Pada tahun ini partisipasi Survey didominasi usia muda dengan rincian 19-25 berjumlah 15 responden dan usia 31-35 sebesar 18 responden. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat dengan usia dewasa muda ikut berpartisipasi dalam survei kepuasan masyarakat. Berbeda pada tahun sebelumnya yang menunjukkan dominan usia 31-40 tahun berjumlah 34%,” ungkap Jum’atil.

“Responden survey diambil dari banyak latar belakang pekerjaan salah satunya PNS, Wiraswasta, Ibu Rumah Tangga, Petani, Pelajar/Mahasiswa dan lainnya, semua responden dari berbagai pendidikan dapat berpastisipasi terhadap survei kepuasan masyarakat ini,” pungkas Jum’atil.

dr.Agus Waluyo selaku Plt Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo menegaskan akan terus  meningkatkan pelayanan publik di RSUD Kapuas “Hasil survey ini akan dipergunakan sebagai pertimbangan upaya perbaikan pelayanan publik. Sesuai maklumat pelayanan yaitu Pimpinan beserta staf BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai Standar Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah yang telah ditetapkan. Imbuh Agus. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta