RSUD Kapuas Lakukan Penyuluhan tentang Gizi Seimbang

Kontribusi dari RSUD KAPUAS, 31 Oktober 2018 09:00, Dibaca 503 kali.

KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas melakukan penyuluhan kesehatan tentang  Gizi Seimbang melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas dengan Frekuensi 91,4 FM, yang pada kesempatan itu disampaikan langsung oleh Irmae, S.Tr.Gz selaku Ahli Gizi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beserta Tim PKRS, yang mana Penyuluhan tersebut merupakan kegiatan rutin Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS), Rabu (31/10).

Pada kesempatan itu Irmae menerangkan bahwa slogan empat sehat lima sempurna seiring dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan dibidang gizi oleh pakar-pakar gizi, maka pada tahun 2014 slogan tersebut diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang. Gizi seimbang adalah susunan bahan makanan yang mengandung zat gizi, yang mana jenis dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan yang dimaksud mencakup kebutuhan zat gizi anak-anak untuk tumbuh, semua golongan usia dalam menjaga kesehatan dan beraktivitas sehari-hari, serta kebutuhan fisiologis tertentu, seperti hamil, sakit dan lansia.

(Baca Juga : Ben : Kebiasaan Taati Protokol Kesehatan Bekal New Normal)

"Pedoman gizi seimbang terdiri dari empat pilar dan 10 pesan. Keempat pilar pedoman gizi seimbang harus dipenuhi agar 10 pesan gizi seimbang bisa dipenuhi. Keempat pilar tersebut meliputi konsumsi makanan beraneka ragam, yang mana konsumsi makanan beraneka ragam maksudnya adalah mengkonsumsi bahan makanan yang beraneka ragam antar kelompok pangan. Hal ini penting karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh, kecuali Air Susu Ibu (ASI), membiasakan perilaku hidup bersih Perilaku hidup bersih dapat menghindarkan kita dari penyakit infeksi." ucapnya.

Penyakit infeksi sendiri berkaitan dengan pedoman gizi seimbang, yang mana penyakit infeksi merupakan faktor penting yang mempengaruhi status gizi seseorang, oleh karena itu lakukan aktivitas fisik yang teratur yang meliputi berbagai kegiatan fisik yaitu olahraga, dengan tujuan untuk menyeimbangkan zat gizi yang masuk dan keluar dari tubuh.

"Keseimbangan ini penting untuk memperlancar system metabolisme didalam tubuh termasuk metabolisme zat gizi, dan pertahankan dan pantau berat badan normal untuk menunjukkan bahwa terjadi keseimbangan zat gizi didalam tubuh adalah tercapainya berat badan yang normal. Indikatornya adalah dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) yang menunjukan status gizi tidak kurang atau melebihi batas normal," jelasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama Irmae menyampaikan 10 pesan gizi seimbang yaitu Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan, Banyak makan sayur dan buah-buahan, Biasakan konsumsi lauk pauk tinggi protein, Biasakan konsumsi aneka ragam makanan pokok, Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak, Biasakan sarapan, Biasakan minum air putih yang cukup dan aman, Biasakan membaca label pada kemasan pangan, Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir dan lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal. (RSUD/Hmskmf)

 

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta