Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Dirjen PSP Tinjau Sejumlah Giat Pertanian di Kabupaten Kapuas

by Op.SIBER_4 - 2021-08-30 14:13:00 560 Dibaca
Dirjen PSP Tinjau Sejumlah Giat Pertanian di Kabupaten Kapuas MONITORING – Sekda Kapuas Septedy bersama jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas saat mendampingi kunjungan Dirjen PSP Kementerian Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D, tepatnya di Kecamatan Pulau Petak dan Kecamatan Dadahup, Minggu (29/8/2021).
Dirjen PSP Tinjau Sejumlah Giat Pertanian di Kabupaten Kapuas MONITORING – Sekda Kapuas Septedy bersama jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas saat mendampingi kunjungan Dirjen PSP Kementerian Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D, tepatnya di Kecamatan Pulau Petak dan Kecamatan Dadahup, Minggu (29/8/2021).

 

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menyambut kunjungan Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D bersama sejumlah jajarannya ke Kabupaten Kapuas, tepatnya di Kecamatan Pulau Petak dan Kecamatan Dadahup, Minggu (29/8/2021). Dalam kegiatan ini juga turut hadir Direktur Pembiayaan Pertanian  Indah Megahwati dan dari Biro Perencanaan Kementan, Hermato beserta staf Kementerian Pertanian.

(Baca Juga : Destinasi Wisata Menarik Perhatian Bupati Kapuas)

Tampak mendampingi kunjungan tersebut dari pihak Pemerintah Provinsi Kalteng diantaranya Pj Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan yang diwakili Kabid PSP serta sejumlah pejabat lainnya. Sedangkan dari Pemda Kapuas yakni Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya dan sejumlah pejabat lainnya.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka monitoring kegiatan ekstensifikasi pertanian di Kecamatan Pulau Petak dan kegiatan pertanian di Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup. Ekstensifikasi pertanian merupakan perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan manusia, dengan sasaran lahan hutan, padang rumput, lahan gambut maupun lahan yang terpinggirkan.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya, SP menyebutkan Kecamatan Pulau Petak pada tahun 2021 ini mendapatkan kegiatan program ekstensifikasi seluas 931,62 hektar, yang mana olah tanahnya dikerjakan oleh pihak TNI .

“Kemarin Dirjen PSP turun langsung untuk melihat pengerjaan kegiatan tersebut di Desa Sei Tatas Hilir seluas 148 hektar dan juga berkomunikasi dengan Penyuluh serta Ketua Kelompok Tani setempat, sehingga kegiatan ini nantinya bisa bermanfaat bagi petani Desa Sei Tatas Hilir khususnya dan Kecamatan Pulau Petak pada umumnya,” jelas Yaya.

Kemudian, ditambahkannya kegiatan kunjungan pun dilanjutkan ke wilayah Desa Bentuk Jaya A5 Kecamatan Dadahup guna melihat langsung demo Alsintan Rota Tanam di Jalur Utara dan memonitoring penetapan lokasi Demplot Pupuk Hayati.

“Juga dilakukan monitoring perkembangan padi yang sudah ditanam, monitoring lahan dijalur selatan untuk tanam tabela dan memberikan arahan untuk pemanfaatan melalui tanaman hotrikultura,” pungkasnya. (hmskmf)

Share: