Ben Brahim Kukuhkan Pramuka Duta Perubahan Perilaku Covid-19

Kontribusi dari OPR. SIBER_4, 10 September 2021 13:03, Dibaca 220 kali.

 

KUALA KAPUAS – Pengukuhan Pramuka Duta Perubahan Perilaku Covid-19 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas dilakukan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kapuas, Jumat (10/9/2021).

(Baca Juga : Kelurahan Panamas Adakan Rapat Pemilihan Calon Ketua RW)

Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kapuas. Tampak hadir pula Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas H Suwarno Muriyat yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Kepala Kementerian Agama Kapuas serta jajaran Pramuka Kabupaten Kapuas.

Memulai arahannya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan saat ini Kabupaten Kapuas masih memberlakukan PPKM Level 3, dimana telah masuk dalam Zona Kuning. “Kita tetap untuk berjuang bagaimana membebaskan diri dari pandemi Covid-19 di Kabupaten Kapuas, dengan kebersamaan dan tekad yang sama, kita pasti bisa,” ucapnya.

Ben Brahim yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kapuas itu mengungkapkan, sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, agar Pramuka melaksanakan dua gerakan yakni  gerakan pertama berupa kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan.

“Ini adalah tugas kita bersama untuk bisa mensosialisasikan, kita melakukan pembelajaran kepada masyarakat untuk patuh protokol kesehatan. Jika kita temukan masyarakat yang tidak mematuhi prokes maka kita wajib untuk mengingatkan,” tambahnya.

Lebih lanjut, gerakan selanjutnya disampaikan Ben Brahim yakni adalah gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati dalam menolong sesama, sesuai dengan Tri Satya dan Darma Pramuka. “Kedua gerakan ini harus terus digelorakan, sebab dapat dilakukan dimana saja, mulai dari lingkungan keluarga hingga gugus depan masing-masing dalam berbakti membantu masyarakat,” harap Bupati Kapuas dua periode itu.

Menurutnya, Pramuka sebagai duta perubahan perilaku hendaknya memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat agar hidup lebih sehat dan sekali lagi bagaimana cara untuk menjaga diri dari penyebaran Covid-19. “Tetap bersemangat, tetap hidup sehat dan tetap berjuang untuk membawa masyarakat kita kearah disiplin dan patuh protokol kesehatan,” imbuh Ben.

Usai acara pengukuhan tersebut, Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas H Suwarno Muriyat menjelaskan, pencanangan Pramuka sebagai Duta Perubahan Perilaku Covid-19 ini adalah upaya dari pramuka itu sendiri, mulai dari dalam dirinya sebagai contoh dalam penerapan protokol kesehatan.

“Artinya dari dirinya sendiri ketat dalam prokes, kemudian mengajak keluarganya, lingkungannya dan masyarakat agar apa yang ditetapkan oleh pemerintah terkait protokol kesehatan hendaknya ditaati. Mari Pramuka dapat memberi contoh agar menerapkan prokes, sebab melalui perubahan perilaku inilah yang kita harapkan dapat diterapkan,” harap Suwarno yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.

Ditambahkannya juga dalam duta perubahan ini,  Pramuka Kabupaten Kapuas mencermati apa yang disampaikan Presiden RI, dimana dua gerakan yang dilakukan oleh pramuka yaitu gerakan disiplin nasional patuh prokes dan juga gerakan kedua meningkatkan simpati dan empati. “Jika ada diantara teman kita yang terpapar Covid-19, maka hendaknya kita segera empati dengan memberikan bantuan, pertolongan maupun dukungan dengan tetap kita mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Usai kegiatan pengukuhan, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat juga melakukan penanaman pohon secara simbolis di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas sebagai upaya penghijauan.(hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta