Kapuas Programkan Jampersal Bagi Warga Kurang Mampu

Kontribusi dari OPR. SIBER_4, 23 September 2021 13:30, Dibaca 266 kali.

 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas menyediakan Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis bagi warga tidak mampu, hal itu sebagai upaya peningkatan pelayanan, juga menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak.

(Baca Juga : Menjadi Tiga Terbaik Se Kalteng, Bupati Berikan Penghargaan dan Apresiasi)

"Program Jampersal gratis ini diharapkan akan membantu menekan kematian ibu, dan anak," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, SKM, MM, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Martono, Rabu (22/9/2021).

Martono menambahkan, perhatian terhadap keselamatan ibu saat melahirkan masih perlu ditingkatkan, dan bayi yang dilahirkan harus sehat, serta bisa bertumbuh maupun berkembang dengan baik. Sehingga Pemkab Kapuas telah melakukan berbagai upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

"Dengan menyediakan anggaran dana Jampersal gratis ditujukan bagi masyarakat yang tidak mampu, terutama tidak memiliki akses pembiayaan, tidak memiliki BPJS dan asuransi," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, dana Jampersal ini diperuntukan untuk rujukan persalinan dan bayi baru lahir yang beresiko tinggi dari pelosok desa yang dirujuk ke Puskesmas maupun Rumah Sakit. Pemerintah menanggung biaya persalinan obat-obatan bagi ibu melahirkan dan bayi yang mendapat pengobatan.

"Bahkan Kita  menanggung semua biaya sekali pun harus operasi, dan transportasi dari rumah ke Puskesmas sampai dirujuk RS untuk pertolongan persalinan," pungkasnya. (IST/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta