Dinas PMD Kapuas Adakan Pelatihan BUMDes / BUMDesMa

Kontribusi dari OPR. SIBER_4, 24 September 2021 10:59, Dibaca 192 kali.

 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Manajemen BUMDes/BUMDesMa dan Tips Membuat Bisnis BUMDes/BUMDesMa agar lebih cepat bertumbuh dan sukses.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (15 Agustus 2020))

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 22 sampai 23 September 2021 di lokasi yang berbeda yakni di Aula DPMD dan Aula Kecamatan Kapuas Murung, dengan peserta yang diundang sebanyak 66 orang yang terdiri dari para Kepala Desa dan para Direktur BUMDes yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas. Adapun Narasumber berasal Ahli dari Dinas PMD dan Koordinator Tenaga Ahli P3MD Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto, SH, M.Hum pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah ingin mendorong BUMDes / BUMDesMa yang ada untuk mampu menggali dan mengolah  potensi sumber daya lokal di desanya masing-masing. “Apalagi sebagai daerah yang ditunjuk sebagai kawasan pengembangan food estate, DPMD Kabupaten Kapuas terus mendorong pembentukan BUMDes Bersama (BUMDesMa) melalui peningkatan kerjasama antar desa yang berada dalam lingkup Food Estate,” tuturnya.

BUMDesMa dinilai sangat strategis perannya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas BUMDes yang ada terutama dari segi permodalan dan untuk pengembangan potensi desa yang memiliki potensi yang sama dan berada pada kawasan perdesaan Food Estate.

Terkait manajemen BUMDes, Yanmarto menuturkan pemerintah daerah juga mendorong adanya standarisasi dalam praktek pengelolaan keuangan dan pelaporannya. Pemerintah Kabupaten saat ini mulai mensosialisasikan perlunya penerapan aplikasi Pelaporan BUMDes untuk semua BUMDes yang ada.

“Selain itu dalam rangka kepastian hukum Pemerintah juga mendorong agar semua BUMDes segera berbadan hukum. DPMD telah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan PDTT untuk mendorong percepatan pendaftaran badan hukum BUMDes secara online,” ucap Yamnarto.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan, Syaiful Fadjri, S.STP, MPA selaku Koordinator Penyelenggara Kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah salah satu metode yang strategis bagi peningkatan kapasitas SDM BUMDes untuk menambah wawasan dan pengetahuan Kepala Desa dan Direktur BUMDes.

“Oleh karena itu, kami berharap para peserta dapat mengikuti dengan baik dan sampai selesai agar nantinya dapat menerapkannya di desa masing-masing, sehingga diharapkan kedepan seluruh BUMDes di wilayah Kabupaten Kapuas akan cepat bertumbuh dan sukses sesuai dengan tema pelatihan pada hari ini," tutupnya. (DPMD/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta