Dengarkan Hatiku Mama

Kontribusi dari ADMIN SIBER, 22 Desember 2018 06:31, Dibaca 853 kali.

oleh

Dr. Rusma Noortyani, M.Pd

(Baca Juga : Surat Edaran Bupati Kapuas Tentang HUT RI ke 75)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 

Apa yang ku berikan untuk mama/ untuk mama tersayang/ tak ku miliki sesuatu berharga/ untuk mama tercinta// Hanya ini ku nyanyikan/ senandung dari hatiku untuk mama// hanya sebuah lagu sederhana/ lagu cintaku untuk mama// walau tak dapat selalu ku ungkapkan/ kata cintaku tuk mama/ namun dengarkanlah hatiku berkata/ sungguh ku sayang padamu mama/// Teks lirik lagu cinta untuk mama ini dapat dikaji dari segi bahasa. Bahasa dapat dimunculkan sebagai alat untuk mengekspresikan keindahan dalam lirik lagu. Ekspresi yang diungkapkan melalui bahasa ini akan menciptakan hubungan emosional. Bahasa yang digunakan dalam lirik lagu pun tidak sama dengan bahasa bahasa sehari-hari ketika bahasa itu dilantunkan menjadi sebuah lagu. Kata yang diuraikan penuh ekspresi dari pencipta lirik lagu. Pencipta lirik lagu akan mengungkapkan tulisannya dapat berupa bagian dari pengalaman. Penyampaian ekpresi dan pesan melalui lirik lagu akan lebih mudah dicerna dan dipahami oleh penikmat lagu tersebut.

Pencipta lagu dapat mengembangkan nilai luhur yang potensial dari hasil ciptaannya. Tampubolon (2013), seorang guru musik anak, mengatakan "Bagi saya, masa anak-anak adalah masa yang penting. Anak menyerap begitu banyak ilmu dari luar, dan musik menjadi media efektif untuk anak menyerap ilmu tersebut, untuk belajar, membangun karakter, dan membangun kepribadian." Ungkapan tersebut mengarahkan kita sebagai orang tua agar memberikan ilmu yang dapat membangun karakter anak. Media yang digunakan juga beragam, baik dari lagu anak, permainan anak, tontonan anak maupun cerita anak. Media tersebut memiliki pengaruh kuat terhadap perkembangan anak, baik secara fisik maupun mental.

Lagu anak dapat menjadi media untuk mengembangkan pola pikir, kepribadian, dan karakter anak. Hal tersebut dapat menjadi bekal atau fondasi bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman sejawat. Artinya, lagu anak bukan sekadar membicarakan ilmu menyanyi, melainkan juga dapat menyiapkan generasi berikutnya. Penikmat lagu sesuai usia dapat menunjang kreativitas, kepribadian, dan karakter anak, sehingga dapat memberikan pengaruh pada kualitas hidup anak ke depannya.

Lirik lagu yang indah dan dapat memberikan karakter bagi penikmat lagu tersebut tentu saja akan menjadi pembelajaran berharga dalam hidup. Di dalam lirik lagu cinta untuk mama di atas terungkap perasaan sayang seorang anak kepada mamanya. Lirik lagu yang dimulai dengan pertanyaan “apa yang dapat ku berikan untuk mama?” ini sebagai gambaran seorang anak yang bingung karena merasa tidak ada benda atau apapun itu bentuknya yang dapat diserahkan kepada mama. Karena mama merawat dan mendidiknya dengan tidak kenal lelah dan tak mengharapkan balasan. Pertanyaan ini pun dilanjutkan dengan pernyataan “tak ku miliki sesuatu berharga untuk mama tercinta”. Pernyataan ini mengungkapkan kejujuran seorang anak bahwa sebenarnya tidak ada sesuatu berharga yang dimilikinya dan dapat diserahkan kepada mama. Mama yang telah berusaha memberikan kehidupan, keberlangsungan hidup untuk anaknya.

Hanya sebuah lagu sederhana yang dapat mengungkapkan sebuah perasaan yang tulus kepada mama. Seorang anak yang sangat menyanyangi mamanya. Namun, sangat sulit untuk mengungkapkan rasa cintanya. Hal ini mengingatkan kepada kita sebagai anak bahwa betapa besarnya kasih sayang mama dan kita berusaha untuk membalas kasih sayangnya. Seorang anak yang tidak dapat selalu mengungkapkan rasa cintanya kepada mamanya, tetapi anak tersebut meminta kepada mamanya untuk mendengarkan hatinya. Hatinya berkata “Sungguh ku sayang padamu mama”.

Nilai rasa sayang dan rasa cinta yang terkandung pada makna lirik lagu di atas yakni cara anak mengungkapkan rasa cinta kepada mama sesuai dengan kepribadian yang dibentuk dan kemampuan anak masing-masing. Mama yang menjadi sorotan sebagai sosok yang harus dicintai, disayangi, dan dikasihi sebagaimana beliau telah mencintai, menyayangi, dan mengasihi anak-anaknya.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta