Eksplor Internet Melalui Hasupa Hasundau

Kontribusi dari OPR. SIBER_1, 14 Januari 2019 07:44, Dibaca 1,229 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Pj Bupati Kapuas Ikuti Peringatan Nuzulul Qur'an )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia


Tradisi menjadi bagian dari kebudayaan untuk memperkokoh sistem kebudayaan. Tradisi yang sudah membudaya dapat menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti bagi individu. Sikap ini memenuhi bagian penting dari keseluruhan warisan historis dan mengangkatnya menjadi sebuah tradisi. Tradisi dapat dikatakan sebagai sebuah gambaran sikap dan perilaku yang sudah berproses dalam waktu lama dan dilakukan secara turun-temurun. Dengan kata lain, sebuah tradisi sebagai sikap, orientasi pikiran, benda material, atau gagasan yang berasal dari masa lalu dan digunakan oleh masyarakat pada masa sekarang. 

Hasupa hasundau menjadi tradisi yang digunakan untuk bersilaturahmi di Kalimantan Tengah. Hasupa hasundau berasal dari bahasa Dayak artinya pertemuan ramah tamah yang bertujuan untuk mempererat hubungan dengan lintas sektor. Tradisi ini sebagai salah satu bentuk sikap atau tindakan yang sangat efektif untuk menjaga dan mempererat suatu hubungan. Seperti halnya Bupati Kapuas setiap kunjungan kerja ke daerah selalu diadakan hasupa hasundau berupa temu wicara/dialog untuk mendengarkan aspirasi masyarakat tentang berbagai hal untuk bersama pemerintah dicarikan solusi. Dengan hasupa hasundau dapat menjadi cara untuk menunjukkan sebuah tindakan berupa perhatian.

Semangat positif dan pikiran positif akan muncul jika saat berjumpa saudara kita dengan wajah ceria dan berseri yang ditunjukkan. Hasupa hasundau digunakan saat berdialog dengan masyarakat. Bupati memberi info dan menerima saran/usul dari masyarakat. Saat kunker ke Kecamatan Pasak Talawang beberapa waktu lalu masyarakat meminta ke Bupati untuk pengadaan menara telekomunikasi agar mereka dapat menggunakan hp/internet. Untuk menanggapi permintaan tersebut, beliau langsung mengarahkan ke dinas terkait. Hasupa hasundau sebagai tradisi kunker Bupati Kapuas untuk mendengarkan langsung daftar keperluan masyarakat yang terkadang tidak tersampaikan dalam forum resmi musrenbang. Keunggulan temu wicara saat tradisi hasupa hasundau yakni dapat memangkas birokrasi panjang. Hal ini terjadi karena Bupati langsung mendengar dan memberikan solusi pada masyarakat terkait dengan prioritas pembangunan di daerah.

Permintaan tersebut terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi. Teknologi ini dapat berdampak positif. Indahnya kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan bersama agar semakin mempererat silaturahmi antarsesama. Mudahnya komunikasi melalui berbagai layanan media sosial seperti facebook, BBM, email, whatsapp, line, dan sebagainya. Masyarakat diharapkan mampu  menggunkan media tersebut dan mengaplikasikan budaya untuk senang bersilaturahmi. Dengan budaya silaturahmi yang berjalan di semua lapisan masyarakat secara otomatis persatuan dan kesatuan akan tercipta dengan sangat kuat dan kokoh. 

Rasa toleransi antarumat beragama dan antarsuku dan budaya berdampak pada keharmonisan. Hal ini bertujuan agar legitimasi persaudaraan tidak sampai terpecah-belah. Dengan menerapkan hasupa hasundau berarti turut melestarikan budaya luhur yang ada. Adanya semangat untuk memelihara budaya sebagai sarana untuk kembali memupuk semangat kekeluargaan antarwarga dan juga semangat nasionalitas. Tradisi ini dilakukan masyarakat untuk menjaga kebersamaan, baik untuk kegiatan sebelum maupun saat pelaksanaan. Tradisi hasupa hasundau merupakan aset budaya yang harus dipertahankan karena dengan jiwa kebersamaan dan semangat gotong-royong, keharmonisan masyarakat dapat terwujud. Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan pembangunan. Semakin erat dan kuat hubungan persaudaraan yang dijalani, maka akan semakin kuat dan kokoh tali silaturahmi pada akhirnya akan mengokohkan persatuan dan kesatuan.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta