Kapuas Ikuti Lomba Hatinya PKK Dan Lomba Pemeriksaan IVA

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 15 Januari 2019 07:29, Dibaca 378 kali.

KUALA KAPUAS – Pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas mengikuti lomba Hatinya PKK (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Aman) serta lomba deteksi dini melalui tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2019 dengan Desa Sidomulyo, Kecamatan Tamban Catur ditunjuk sebagai perwakilan. Tim penilai lomba berasal dari TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah beranggotakan tujuh orang dengan ketua rombongan Yayu Indriaty, bertempat di Balai Desa Sidomulyo, Senin (14/1) siang.

Tim Penilai disambut oleh Kader TP PKK Kabupaten Kapuas yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Hj Asmah, juga Kader TP PKK Kecamatan Tamban Catur, Kader TP PKK Desa Sidomulyo, juga tampak hadir Camat Tamban Catur H Dusi, Kepala Desa, Aparatur Desa, Perwakilan Dinas, Unsur Tripika, tenaga kesehatan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

(Baca Juga : RSUD Lakukan Penyuluhan Penyakit TBC)

Kegiatan Penyambutan diawali dengan penyampaian laporan oleh Lasturi selaku Ketua TP PKK Desa Sidomulyo. Ia menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai yang telah datang ke Desa Sidomulyo. Ia juga menjelaskan TP PKK Desa Sidomulyo terus mengikuti dan mengisi dengan berbagai jenis kegiatan diantaranya di bidang kesehatan yang meliputi kegiatan posyandu balita yang diadakan setiap tanggal 21 dan posyandu lansia setiap tanggal 22, ada juga posbindu serta pelaksanaan program imunikasi MR.

“Kami telah melakukan program imunikasi MR di Desa Sidomulyo mencapai 98 persen, disini jumlah peserta yang melakukan KB sebesar 288 orang, selain itu kami juga membentuk lima kelompok Dasa wisma yang melakukan kegiatan pemanfaatan pekarangan dengan tujuan untuk menambah pendapatan diluar dari pendapatan hasil pertanian,” ujar Lasturi.

Selain itu ia juga menyampaikan Desa Sidomulyo juga aktif di Bidang Pendidikan dengan ikut andil dalam pengelolaan salah satunya TK Pratiwi. “Kegiatan lain juga kami adakan seperti kelompok yasinan, majelisan dan juga kami sebagian kecil ada yang telah memanfaatkan Bio Gas yang berasal dari kotoran ternak sapi,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Tamban Catur Dwi Pujiati dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang paling rutin dilaksanakan di sepuluh desa yang ada di Kecamatan Tamban Catur adalah gotong royong setiap dua minggu sekali. “Kami juga melakukan pertemuan bulanan PKK Kecamatan ataupun desa yang isinya penyuluhan kesehatan seperti MR, IVA, dan penyakit lainnya,” ucapnya.

Lanjutnya ia menjelaskan Kecamatan Tamban Catur telah melakukan tes IVA mencapai 56,7 persen (2017-2018) dan Sosialisasi IVA telah sering dilakukan saat PKK bulanan, musrem dan sosial media. “IVA sudah dijadwalkan oleh masing-masing PKM di setiap desa, untuk pelayanan tidak hanya di pos kesehatan namun juga kami laksanakan di rumah warga desa dan luarbiasanya PKM terapkan sistem jemput bola,” ucap Dwi.

Ia menerangkan TP PKK Kecamatan juga mengadakan perlombaan untuk memicu peningkatan status gizi. “Kami adakan lomba masak serba ikan, lomba tumpena, lomba posyandu, lomba toga dan pemanfaatan pekarangan disetiap posyandu sebagai motivasi ibu balita ikut berperan serta memanfaatkan pekarangan masing-masing guna meningkatkan gizi dan menekan stunting,” jelasnya.

Kemudian kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Tamban Catur H Dusi dan dilanjutkan dengan penilaian di dua lomba yaitu lomba Hatinya PKK yang masuk dalam pokja III dan lomba deteksi dini IVA yang masuk dalam Pokja IV. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta