Rabu, 17 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Kominfo Provinsi Lakukan Kunjungan dan Ramah Tamah

by Opr. SIBER_1 - 2019-01-26 17:23:00 1,023 Dibaca
Kominfo Provinsi Lakukan Kunjungan dan Ramah Tamah RAMAH TAMAH - Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah yang di Kepalai oleh Kepala Dinas Kominfo Santik Ir Herson B Aden bersama para Kepala Bidang, Kasi dan Tenaga Teknis Kominfo Kalteng melakukan kunjungan kerja dengan berdiskusi bersama serta ramah tamah dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas di Kantor Kominfo Kapuas, Jumat (25/1) yang lalu.
Kominfo Provinsi Lakukan Kunjungan dan Ramah Tamah RAMAH TAMAH - Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah yang di Kepalai oleh Kepala Dinas Kominfo Santik Ir Herson B Aden bersama para Kepala Bidang, Kasi dan Tenaga Teknis Kominfo Kalteng melakukan kunjungan kerja dengan berdiskusi bersama serta ramah tamah dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas di Kantor Kominfo Kapuas, Jumat (25/1) yang lalu.

KUALA KAPUAS – Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah yang di Kepalai oleh Kepala Dinas Kominfo Santik, Ir Herson B Aden M.Si bersama para Kepala Bidang, Kasi dan Tenaga Teknis Kominfo Kalteng melakukan kunjungan kerja dengan berdiskusi bersama serta ramah tamah dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas di Kantor Kominfo Kapuas, Jumat (25/1) yang lalu.

Kedatangan Kepala Dinas Kominfo Santik beserta rombongan disambut hangat oleh Plt. Kadis Kominfo Kapuas Dr Suwarno Muriyat beserta jajaran. Kegiatan ini dimaksudkan untuk saling berbagi informasi dan menguatkan kerjasama dalam bidang Kominfo, Persandian dan Statistik.

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar Kapuas Terima  Kunjungan Komisi I DPRD Tapin dan SatPol PP Tapin)

Herson mengatakan, Kominfo dalam lingkup kerjanya berurusan dengan lebih dari satu lembaga. Kemudian, Kominfo juga akan berurusan dengan seluruh SOPD dan Sistem Informasi yang ada di Kabupaten maupun Provinsi.

“Untuk itu saya mengharapkan Kominfo Kapuas harus tahu setiap bidang dan tugas fungsinya di Kominfo. Ini baru di satuan kerja kominfo, belum lagi diluar kominfo. Intinya ketika kita tidak mengetahui apa yang dikerjakan di kantor maka pekerjaan kita tidak akan maksimal. Sebaliknya, kalau kita ketahui apa yang dikerjakan maka kita lebih bertanggung jawab dan kita tahu ukuran kinerja kita seperti apa,”terangnya.

Dalam arahannya dan sambutannya pula, ia menjelaskan tugas dan fungsi setiap bidang yang ada di Kominfo baik Bidang Komunikasi Publik, Bidang E-Government, Bidang Statistik dan Bidang Persandian. Salah satunya Bidang Komunikasi Publik, dimana seluruh SKPD membutuhkan yang namanya ekspos sehingga diperlukan keaktifan para petugas yang ada di bidang tersebut.  Harus ada pelatihan karena Bidang Komunikasi Publik menjadi pimpinan dari seluruh media.

Bidang E-Government dalam pekerjaannya mengurus hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi/server maupun infrastruktur mulai dengan penggunaannya. Nantinya akan mengacu pada semua penggunaan jaringan aplikasi dalam penggunaan database dan semua itu berada di data center kabupaten yang dikelola oleh Kominfo sebagai penanggung jawab. Bidang Statistik mengurus tentang Statistik Sektoral yang berasal dari SOPD dan menggambarkan kinerja yang dilaksanakan oleh SOPD yang mana datanya berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Kami harapkan tahun ke depan Kominfo Kabupaten Kapuas memiliki program pemasangan CCTV karena sepertinya dapat membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan-kebijakan pemerintah. Kalau sudah berbentuk Smart City maka daerah bisa pantau dan membantu dalam sisi keamanan Kamtibmas,” jelasnya.

Ia menekankan, Kominfo hanya bisa menyediakan fasilitas bukan sebagai eksekutor, yang menjadi eksekutor di lapangan adalah dinas atau lembaga terkait yang berada di wilayah tersebut.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo menyampaikan, ke depan dalam program Smart City, Kominfo akan membangun “Betang Kapuas Command Center” dan untuk tahun 2019 direncanakan akan pembuatan desain sekaligus rencana untuk mengembangkan dari “Betang Kapuas Command Center “.

Suwarno mengatakan, untuk menuju dan menjalankan program tersebut masih perlu banyak perencanaan-perencanaan yang matang dan kerja sama dari provinsi maupun APBN. “Kami bersyukur dan berterima kasih karena tahun 2018 sudah ada hibah dari provinsi yaitu berupa Videotron dan mudah-mudahan kami dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin,”pungkasnya seraya menambahkan pihaknya dalam tahun ini akan membuat siaran televisi Pemerintah Kabupaten Kapuas. (Hmskmf)

Share: