RSUD Kapuas Lakukan Promkes Tentang Pola Hidup Sehat Pada Lansia

Kontribusi dari RSUD KAPUAS, 07 Februari 2019 09:00, Dibaca 296 kali.

KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas melakukan Penyuluhan Kesehatan tentang Pola Hidup Sehat Pada Lansia, Kamis (07/02) lalu. Penyuluhan tersebut merupakan kegiatan rutin Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS). Adapun yang menyampaikan penyuluhan pada kesempatan itu adalah Winda Meila, Amd.Kep selaku petugas Poliklinik Dalam bagian Geriatri di RSUD Kapuas. Ia menerangkan bahwa pola hidup sehat adalah upaya untuk memperdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau serta mampu melakukan perilaku hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat mempengaruhi penampilan untuk menjadi awet muda dan panjang umur. Seseorang dianggap berhasil menjalani proses penuaan jika dapat terhindar dari berbagai penyakit, organ tubuh dapat berfungsi dengan baik serta kemampuan berfikirnya atau kognitifnya masih tajam. Ciri-ciri lansia sehat antara lain, secara fungsional masih tidak tergantung pada orang lain, dan aktifitas hidup sehari- hari masih penuh walaupun mungkin ada keterbatasan dari segi sosial ekonomi yang memerlukan pelayanan.

(Baca Juga : Puncak Hari Ibu Ditandai Dengan Pemotongan Tumpeng)

Faktor – faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat pada lansia antara lain, faktor makanan dan gizi mengurangi konsumsi gula, membatasi mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam urat, membatasi makanan yang mengandung lemak, cegah kegemukan, mengontrol tekanan darah, menghentikan rokok dan tidak minum alkohol, perbanyak minum air putih, beraktifitas atau berolahraga, mengatasi stress, istirahat yang cukup, pemeriksaan kesehatan yang rutin, spiritual, faktor perilaku, mendekati diri kepada Tuhan yang Maha Esa, mau menerima keadaan, sabar optimis dan percaya diri, menjalin hubungan yang teratur dengan keluarga dan sesama, olahraga ringan tiap hari, makan sedikit tapi sering, pilih makanan yang sesuai serta banyak minum, berhenti merokok dan minum alkohol, minum obat dan sesuai anjuran dokter, mengembangkan hobi sesuai kemampuan, tetap memelihara hubungan mesra dengan pasangan, dan memeriksa kesehatan dan gigi secara teratur.

Manfaat yang bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat pada lansia adalah hidup menjadi lebih takwa dan tenang, tetap ceria dan mengisi waktu luang, keberadaannya tetap diakui keluarga dan masyarakat, kesegaran dan kebugaran tubuh tetap terjaga, terhindar dari penyakit berbahaya dimasa tua, penyakit paru- paru, jantung dan kanker dapat dicegah, mencegah keracunan obat dan efek sampingnya, mengurangi stress dan kecemasan, membuat merasa awet muda, hubungan harmonis tetap terpelihara, dan gangguan kesehatan dapat di ketahui dan diatasi sesegera mungkin.

"RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan wadah bagi lansia yang mau bergabung / berpartisipasi bersama Persatuan Diabetes Cabang Kab. Kapuas, dengan kegiatan rutin setiap hari Jum’at pagi, pukul 06.00 WIB diadakan senam lansia bersama dan penyuluhan kesehatan setiap minggu ke-3 dan ke-4", pungkasnya. (rsud/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta