Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Kominfo Bersama Pengurus PWI Kapuas Hadiri HPN 2019 Surabaya

by Opr. SIBER_1 - 2019-02-07 14:04:00 866 Dibaca
Kominfo Bersama Pengurus PWI Kapuas Hadiri HPN 2019 Surabaya HADIRI - Pengurus PWI Kapuas didampingi oleh Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kapuas, Dedy Purnadibrata tiba di Surabaya, Rabu (6/2)
Kominfo Bersama Pengurus PWI Kapuas Hadiri HPN 2019 Surabaya HADIRI - Pengurus PWI Kapuas didampingi oleh Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kapuas, Dedy Purnadibrata tiba di Surabaya, Rabu (6/2)

KUALA KAPUAS - Dinas Kominfo bersama Pengurus PWI Kabupaten Kapuas menghadiri Acara Hari Pers Nasional Tahun 2019 yang dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan yang mengangkat tema "Pers menguatkan kerakyatan berbasis digital" tersebut berlangsung selama 4 hari sejak tanggal  6 sampai 9 Februari 2019. Dimana Acara Puncak HPN 2019 sekaligus Perayaan Ulang Tahun PWI ke 73 berlangsung 9 Februari dan terpusat di Grand City Surabaya. Acara rencananya bakal dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, para menteri, petinggi negara, tokoh pers nasional dan puluhan duta besar perwakilan negara sahabat.

Panitia Pusat HPN 2019 dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/2) lalu menyebutkan sebanyak 25 duta besar (dubes) negara-negara sahabat siap hadir ke acara itu. Para duta besar yang diundang adalah dubes Amerika Serikat, Rusia, Austria, Kamboja, Bangladesh, Maroko, Lebanon, Taiwan, Serbia, Bosnia, Herzgovina, Mesir, Jepang, Slovakia, Thailand, Belanda, Iran, Australia, Pakistan, Singapura, Ceko, Bulgaria, Yunani, dan Seychelles.

(Baca Juga : Muscab Kedua Muhammadiyah dan Aisyiyah Digelar di Dadahup)

Selain acara puncak, HPN 2019 juga diisi dengan sejumlah acara lain, diantaranya acara Forum Investasi, Seminar Nasional Media, Pameran HPN dan Konvensi Media. Acara-acara ini akan dihadiri oleh tokoh-tokoh pers Indonesia, Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Sementara itu, Pengurus PWI Kapuas didampingi oleh Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kapuas, Dedy Purnadibrata telah tiba di Surabaya pada Rabu (6/2). Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat dijadwalkan juga akan hadir pada acara puncak perayaan HPN 9 Februari 2019 mendatang. Dalam acara puncak ini, PWI Pusat mengundang Bupati Kapuas dan Ketua DPRD Kapuas.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat kala dikonfirmasi, Kamis (7/2) memaparkan, program kegiatan HPN tahun 2019 di Surabaya ini, sejalan dengan Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Eleketronik (SPBE). Dimana dalam Perpres tersebut, mewajibkan digital sistem dalam pengelolaan pemerintahan termasuk dalam keterbukaan informasi publik.

"Pepres ini sejalan dengan tema HPN 2019 di Surabaya, maka dengan itu akan semakin memperkuat sinergisitas antara pemerintah dengan media," papar Suwarno.

Terpisah, Ketua PWI Kapuas Sri Hayati menyampaikan, HPN tentu merupakan agenda yang sangat penting dan agenda wajib bagi para wartawan khususnya pengurus PWI dari seluruh Indonesia.

Diungkapkannya, Kegiatan HPN ini merupakan ajang insan pers dari seluruh Indonesia untuk saling bersilaturahmi, juga bertemu dengan para tokoh pers nasional serta petinggi negara. Kegiatan ini juga sebagai ajang bagi insan pers untuk memperluas kajian dan ilmu jurnalistik serta sebagai sarana mengeluarkan gagasan maupun mendapatkan terobosan baru terkait keberadaan pers sebagai ujung tombak kemajuan negara.

Untuk itu, Sri berharap dengan adanya kegiatan HPN salah satunya konvensi media, akan memunculkan ide-ide dan terobosan yang baru. Terobosan baru inilah yang akan diterapkan di daerah, dengan harapan dapat membangun keberadaan pers yang lebih baik sehingga tercipta wartawan-wartawan yang semakin profesional di daerah.

"Sejumlah pertemuan dalam seminar dan konvensi media, tentu bertujuan untuk kemajuan dunia jurnalistik di seluruh Indonesia. Tujuan akhir tentu keberadaan pers sebagai media informasi penyejuk dan sebagai ujung tombak kemajuan pembangunan daerah secara khusus Kabupaten Kapuas," ujarnya.

Kemudian satu-satunya Ketua PWI Wanita di Kalteng ini, berharap kebersamaan antara Pemerintah Daerah dan PWI Kabupaten Kapuas lebih ditingkatkan untuk kemajuan Kabupaten Kapuas. “Dengan harapan melalui kegiatan ini dapat lebih mempererat kerja sama Pemerintah secara khusus Dinas Kominfo dengan PWI Kapuas sehingga kita kembangkan informasi langsung kepada masyarakat,” harapnya. (hmskmf)

Share: