Promkes RSUD Kapuas Lakukan Penyuluhan Kesehatan tentang Kebersihan Tangan dan Etika Batuk

Kontribusi dari RSUD KAPUAS, 14 Februari 2019 09:00, Dibaca 744 kali.

KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas melakukan penyuluhan kesehatan tentang Kebersihan Tangan dan Etika Batuk, yang pada kesempatan itu disampaikan langsung oleh Nurdiana, S.Kep selaku IPCN RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beserta Tim PKRS, yang mana Penyuluhan Kesehatan tersebut merupakan kegiatan rutin Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS), Kamis (14/02) lalu.

Nurdiana menjelaskan, mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air ataupun dengan hand rub.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (10 Juli 2020))

Dimana tindakan mencuci tangan ini dilakukan dengan tujuan yaitu supaya tangan bersih, membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme, dan menghindari masuknya kuman ke dalam tubuh. mencuci tangan membebaskan diri dari kuman mencegah dari penyakit diare, flu, batuk dan cacingan.

Kapan waktu mencuci tangan di rumah, antara lain sebelum makan, sesudah makan dan mencuci peralatan makan, sebelum memegang bayi, sesudah menggendong bayi, sebelum siapkan makanan. 5 waktu penting cuci tangan pakai sabun, yaitu setelah dari jamban / WC, setelah membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menghidangkan makanan, sebelum makan, dan setelah memegang hewan atau benda kotor.

Etika Batuk merupakan tata cara seseorang batuk dan bersin yang benar, yaitu dengan cara tutup mulut dan hidung anda dengan menggunakan tisu / sapu tangan pribadi atau lengan dalam baju anda, segera buang tisu yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah, cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol, serta gunakan masker. Jangan meludah disembarang tempat karena selain menjijikan, meludah disembarang tempat juga mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain. Ludah merupakan media jutaan bibit penyakit yang aktif menularkan ke orang lain.

Kebiasaan batuk yang salah, yaitu tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum, tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin, Membuang ludah sudah batuk disembarang tempat, Membuang atau meletakkan tissue yang sudah dipakai disembarang tempat, dan tidak menggunakan masker saat flu atau batuk.

"Tata tertib PPI DI RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, antara lain tidak boleh merokok dikawasan rumah sakit, anak dibawah umur 12 tahun dilarang berkunjung di rumah sakit, penunggu pasien terbatas 1-2 orang saja, pengunjung harus mencuci tangan setiap kali mereka memasuki atau meninggalkan kamar pasien, para pengunjung sama sekali tidak boleh menyentuh luka, perban, saluran intravena (pipa yang dimasukan ke urat pasien) atau lain – lain yg digunakan dlm merawat pasien, pasien harus menjaga kebersihan tubuh, terutama saat berada di rumah sakit, termasuk mencuci tangan setelah buang air dan sebelum makan, dan pasien dan keluarga mengerti tentang etika batuk", pungkasnya. (RSUD/Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta