Kedatangan Tim ITS Blits Explore Indonesia disambut Bupati

Kontribusi dari , 19 Februari 2019 16:03, Dibaca 495 kali.

KUALA KAPUAS – Tim PLN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Blits Explore Indonesia mengelilingi Nusantara dengan membawa Mobil energy listrik keliling Indonesia dan bertandang di Kabupaten Kapuas yang disambut langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Selasa (19/2/2019) siang di Jl Maluku Kota Kuala Kapuas.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim ITS Blits Explore Indonesia. Sebagai warga Kabupaten Kapuas dan mewakili masyarakat Kapuas ia menyampaikan rasa bangga atas inovasi dan prestasi yang di capai tim ITS tersebut karena apa yang telah mereka lakukan merupakan sesuatu yang membuat efesiensi, efektifitas dan bergerak cepat serta sangat efektif untuk daerah terpencil. “Ini merupakan sesuatu yang membuat efesiensi, efektifitas dan bergerak cepat serta sangat efektif untuk daerah terpencil, yang mana di daerah terpencil susah untuk mencari bahan bakar dan dengan energy listrik mobil tidak khawatir adanya bahan bakar bercampur air karena mobil tersebut listrik tinggal charge,” ucap Ben.

(Baca Juga : Disarpustaka Kapuas Terima Siswa Magang)

Ia juga menerangkan sesuai informasi yang ia peroleh bahwa mobil tersebut dapat menempuh kecepatan sampai dengan 140 km per jam saat dicoba di jalan tol. Pemerintah Kabupaten Kapuas kedepan juga memiliki kemungkinan untuk memesan mobil serta motor bertenaga listrik itu untuk dipergunakan.

Untuk anak bangsa, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas tersebut juga menyampaikan langsung rasa bangganya karena tidak kalah dengan orang-orang luar negeri dan berpesan agar terus berinovasi dan semangat untuk mengembangkan apa yang sudah ada agar kemudian bisa digunakan pada transportasi air. Ben juga membubuhkan tanda tangan di mobil listrik tersebut.

Sementara itu ditempat yang sama Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kuala Kapuas, Jamaluddin Saleba bahwa PLN sangat mendukung kreatifitas serta inovasi untuk memajukan industri otomotif.

“Ini merupakan green energy sebagai bentuk kampanye untuk mengurangi dampak lingkungan karena mobil listrik kedepan juga sangat menjanjikan. PLN sebagai BUMN untuk negeri sangat mendukung agar pengembangan mobil ini dapat terus berlanjut sehingga bisa dipasarkan” bebernya. Kedatangan tim tersebut juga ia anggap bisa memberikan motivasi dalam pengembangan otomotif menggunakan listrik di Kabupaten Kapuas.

Dari Tim ITS  Blits Explore, Agus Mukhlisin menerangkan untuk kebutuhan kendaraan khususnya mobil di Indonesia menembus angka satu juta pertahun dan motor delapan juta pertahun, yang berarti potensi pasar otomotif Indonesia sangat besar.

“Maka dari itu ITS melakukan uji coba ini, walau mobil itu jauh dari kesempuranaan tapi mobil bertenaga listrik tersebut memiliki komponen utama yang didesain langsung dari ITS itu sendiri, untuk menguji komponen tersebut maka dilakukan explore dari Surabaya mengelilingi pulau Jawa sampai Sabang yaitu titik nol kilometer Indonesia lalu explore ke Kalimantan,” terangnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan mobil - mobil listrik ramah lingkungan, efesiensi yang tinggi dengan satu KWH listrik bisa lima kilometer, hasil perjalanan melihat secara langsung bagaimana mobil tersebut saat menempuh perjalanan baik saat hujan melewati banjir dan tanjakan-tanjakan yang ada di Indonesia. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta