Youtube Bentuk Eksistensi

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 05 Maret 2019 13:56, Dibaca 134 kali.

oleh

Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

(Baca Juga : RSUD Kapuas Lakukan Penyuluhan tentang Menjaga Kesehatan Telinga)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 

Manfaat internet dapat memberikan berbagai informasi yang diperlukan seseorang. Pemanfaatan internet juga dapat mempermudah komunikasi dari jarak yang jauh dan tanpa harus  bertatap muka secara langsung. Kehadiran internet sebagai media komunikasi banyak menawarkan kemudahan bagi masyarakat dalam berinteraksi. Misalnya media yang terdapat pada komunikasi termediasi komputer (Computer Mediated Communication/CMC). CMC mencerminkan perspektif analisis jaringan pada hubungan antara kelompok dan para anggotanya untuk menghubungkan pengguna mengatasi jarak yang jauh. Media ini memiliki beberapa karakteristik, yakni jaringan, interaksi, dan perangkat.

Akses terhadap media sebagai keperluan untuk mendapatkan berita, baik bidang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, maupun hukum. Khusus media sosial seseorang akan mendapatkan hiburan saat mengaksesnya. Sejalan dengan pernyataan Rucirisyanti (2017) hampir setiap orang khususnya kaum muda saat ini memanfaatkan media sosial sebagai ajang presentasi diri kepada dunia luar. Kehadiran media sosial memberikan banyak ruang untuk penggunanya berkreasi, terutama dalam menampilkan diri masing-masing, baik melalui facebook, youtube path, twitter, maupun instagram. Pemakaian media sosial bagi si pengguna bertujuan untuk mencari tahu informasi, untuk sekedar berkomunikasi dengan orang lain, bahkan saat ini penggunaannya sebagai bentuk dari eksistensi diri.

Media sosial yang disebutkan di atas bersifat terbuka dalam berinteraksi, berbagi, ataupun berkirim pesan. Berbagai fitur yang terdapat dalam media sosial membuat penggunanya seakan membranding diri menunjukkan kepada orang lain dengan kombinasi foto ataupun video. Youtube menjadi salah satu situs web video sharing yang banyak digunakan. Fitur videonya yang lengkap dan mudah disebarkan secara cepat. Fitur tersebut mempermudah penggunanya untuk dapat berbagi video dan juga dapat membuat video sendiri selanjutnya dapat diunggah dan dinikmati oleh banyak orang. Hal ini menyebabkan penyampaian informasi melalui youtube dapat lebih menarik.

Pengguna youtube dapat berbagi media, baik audio maupun visual. Fakta menyebutkan bahwa youtube saat ini menjadi media sharing video paling diminati. Youtube memiliki lebih dari satu miliar pengguna, hampir sepertiga dari semua pengguna internet, dan setiap hari orang menonton ratusan juta jam video di youtube, bahkan menghasilkan miliaran kali penayangan. Dengan youtube dapat digunakan untuk menyalurkan hobi bagi pengguna yang menyenangi membuat video, baik  itu video musik, film, maupun tutorial.

Tahap adaptasi terhadap penggunaan situs video youtube berupa video blog atau biasa disebut vlog. Media ini dapat diakses oleh beragam user dalam waktu bersamaan berfungsi bisa menciptakan hubungan interaksi dan komunikasi yang sangat dekat antarpara penggunanya. Harapannya berbagai kalangan umur tertarik untuk menggunakan situs video sharing youtube sesuai dengan tema tiap-tiap dekade usia.

Pengumpulan informasi sumber-sumber yang ada diolah kepada bentuk sebuah analisis konten materi video. Dengan demikian telah dihasilkan berbagai gambaran situs video youtube secara spesifik dan dipakai oleh para penggunanya sesuai dengan tujuan dan selera. Pemanfaatan youtube secara mayoritas digunakan oleh para pengguna yang memiliki sifat extrovert dalam kehidupan sosialnya. Para pengguna extrovert ini memakai media sosial tersebut untuk meningkatkan frekuensi eksistensi dan hiburan bagi para pengguna lainnya. Seorang extrovert yang memiliki sifat keterbukaan yang besar umumnya ingin selalu menampilkan dominasinya dalam kehidupan sosial. Pada akhirnya akan tercipta sebuah komunitas pengguna yang interaktif.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta