FORDAYAK-KT Kapuas Resmi Dilantik

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 06 Maret 2019 14:18, Dibaca 555 kali.

KUALA KAPUAS – Pengurus dan anggota Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (Fordayak-KT) Kabupaten Kapuas Periode 2018 – 2022 resmi dilantik oleh Ketua Fordayak-KT Provinsi Kalimantan Tengah Bambang Irawan yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka  Fordayak-KT kepada Ketua DPD Fordayak-KT Kabupaten Kapuas yang baru dilantik Primantir Dj P Dewel.

Pelantikan tersebut dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kapuas Vitrianson, bertempat di Gedung Lawang Kameloh, Rabu (6/3/2019) pagi. Vitrianson dalam sambutannya menyampaikan terkait tentang bagaimana pemuda/pemudi Dayak khususnya di Kabupaten Kapuas agar bisa berkreasi membangun potensi. Ia mengajak pemuda/pemudi Dayak di Kabupaten Kapuas untuk membangun karakter yang memiliki ciri khas serta membuat produk yang dapat diunggulkan dengan cara bekerja bersama-sama.

(Baca Juga : 25 Finalis Ikuti Jagau Linga dan Bawi Kameloh Kapuas )

“Mari mengundang dinas atau UPTD untuk menggali dan mengelola sumber daya atau potensi kita di Kabupaten Kapuas salah satunya di Perindagkop yaitu bagaimana produk kita bisa dijalankan dengan baik dan kerajinan Dayak dapat dijual di tempat-tempat mall maupun di minimarket,” ucapnya.

Ia juga mendorong agar pemuda/pemudi Dayak dapat memperkenalkan produk masyarakat asli Dayak seperti kuliner dan kerajinan tangan agar terciptanya produk unggul dan mandiri.

Pada kesempatan itu, Tokoh Wanita Inspirasi Dayak Kabupaten Kapuas Ary Egahni dalam sambutannya menyampaikan sebagai kaum muda agar selalu bersemangat dalam mewarnai dan mengisi pembangunan di Kabupaten Kapuas. “Untuk membuktikan memperjuangan NKRI di era milenial ini, bagaimana kita secara bersama-sama, bahu-membahu menjadi salah satu organisasi mitra pemerintah. Pemerintah Kabupaten Kapuas tentu tidak dapat membangun dengan baik tanpa dukungan semua pihak termasuk Forum Pemuda Dayak yang dilantik ini,” ucapnya.

Kemudian ia berharap agar Fordayak-KT Kabupaten Kapuas dapat berperan serta dan ambil bagian dalam menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu ia menekankan untuk selalu menjaga kedamaian di Kabupaten Kapuas. “Saya yakin dan percaya pemuda/pemudi Dayak Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kapuas agar menjadi agen keberagaman atau agen pluralisme serta memegang filsafah Huma Betang dipahami dengan baik, dianut dengan baik oleh seluruh masyarakat Kalimantan Tengah tidak hanya semboyan dimulut tetapi benar-benar menjadi nafas, roh bagi seluruh kita, bahwa kita adalah bersaudara,” jelas Ary.

Ketua Fordayak-KT DPD Kabupaten Kapuas Primantir Dj P Dewel dalam sambutannya menyampaikan organisasi ini didirikan dan dibentuk oleh masyarakat dalam hal ini pemuda/pemudi Dayak ataupun simpatisan yang secara sukarela berdasarkan administrasi, kebutuhan, dan kepentingan kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Republik Indonesia berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila. “Ini merupakan sebuah gerakan kebersamaan dan menyatukan pandangan, langkah konkrit menjalin kesatuan, juga membentuk karakter ideologi yang utuh. Dengan demikian forum ini digunakan sebagai tempat berkumpul, berdiskusi, berinteraksi satu sama lain menyatukan satu pemikiran dalam mengusung langkah-langkah membentuk jaringan silaturahmi,” imbuhnya.

Adapun tema yang diangkat pada pelantikan tersebut yaitu ‘Mewujudkan generasi pemuda/pemudi Dayak kepemimpinan yang berkarakter, unggul dan mandiri’. Tampak hadir pada kegiatan tersebut segenap unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak beserta jajaran, Damang/Mantir Kabupaten Kapuas dan Perkumpulan Silat Dayak Kalimantan Tengah (PSDKT), Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan Silat dari Perguruan Singa Jambung Silat Kuntau Tinjek Betawi Liar Kuala Kapuas dan penampilan permainan kecapi dan lantunan Karungut oleh Jefri Udan Asai dan Panji. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta