Kampanye E-Sports

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 11 Maret 2019 15:27, Dibaca 177 kali.

oleh

Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

(Baca Juga : Sidak Gabungan Masih ditemukan Barang Tidak Layak Konsumsi )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 

Media sosial saat ini dapat menjadi media yang paling tepat untuk memberikan informasi. Informasi yang diberikan melalui media sosial lebih cepat tersampaikan kepada publik dan sangat mudah untuk mengakses media sosial ini. Begitu juga dengan informasi mengenai e-sports sudah menggunakan beberapa media sosial yang dipakai untuk memberikan informasi seputar e-sports, yaitu facebook, twitter, instagram. E-sports dalam bahasa Indonesia artinya olahraga elektronik atau olahraga berbasis elektronik.

E-sports di zaman sekarang dapat menjadi industri yang menjanjikan dan para gamers yang serius menekuni di bidang e-sports. Keberadaan e-sports sekarang bukan hanya sebatas bermain game, melainkan ajang prestasi. E-sports sekarang menjadi salah satu cabang olahraga yang akan di pertandingkan dalam Asian Games 2022 di Hangzhou Tiongkok. Masuknya e-sports ke dalam cabang olahraga di Asian Games ini diinisiasi oleh OAC dan juga Alisports yang merupakan bagian dari Alibaba Sports Group yang berasal dari perusahaan e-Commerce raksasa asal Tiongkok. Dengan adanya e-sports ke dalam cabang olahraga di Asian Games ini membuktikan bahwa popularitas e-sports di dunia semakin tinggi dan banyak yang menantikan keseruan pertandingan e-sports di ajang Asian Games.

E-sports merupakan olahraga yang berbasis elektronik untuk dapat mengikuti sebuah tournament e-sports para pemainnya harus dites terlebih dahulu pemain tersebut menggunakan doping untuk mengikuti tournament tersebut sama halnya dengan para atlet olahraga yang lainnya. Gregory (2004) tujuan kampanye biasanya ditetapkan di salah satu dari tiga level yang ada. Pertama, kesadaran membuat publik sasaran untuk berpikir dan paham terhadap tujuan dan memberikan informasi tentang kampanye yang sedang dilakukan. Kedua, sikap dan opini  setelah publik paham dan mengetahui tujuan dari kampanye akan membuat publik membentukan sikap dan opini mereka tentang kegiatan kampanye. Ketiga, perilaku pada tahap level yang terakhir ini publik yang sudah membentuk opini mereka tentang kegiatan kampanye yang dilakukan public relations akan bertindak sesuai dengan yang diinginkan sesuai tujuan utama dalam kegiatan kampanye.

E-sports sebenarnya tidak jauh berbeda dengan olahraga lainnya yang menggunakan fisik, misalnya di dalam sebuah pertandingan e-sports biasanya melibatkan kedua team yang berisi 5 orang pemain, koordinasi dan kerjasama antarteam tentu dapat membuat sebuah team dapat memberikan kemenangan untuk team tersebut, mulai dari strategi team untuk mengalahkan musuhnya, pelaksanaan strategi dalam pertandingannya, membaca strategi musuh, sehingga dapat meng-counter-nya dengan agar strategi musuh dapat dikalahkan. Untuk itu, para atlet e-sports ini memerlukan stamina dan fisik yang kuat supaya selama pertandingan berlangsung dapat berkonsentrasi. Karena dalam satu round pertandingan di e-sports tidak dapat menentukan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pertandingan. Dalam satu pertandingan e-sports diperlukan waktu puluhan menit untuk waktu tercepat dan untuk waktu terlamanya dapat berjam-jam waktu yang dibutuhkan hanya untuk satu round pertandingan. Untuk itu daya tahan stamina untuk setiap atlet e-sports itu sangat diperlukan.

Turnamen e-sports dunia pun semakin banyak peminat dan penonton yang menonton turnamen tersebut. Banyak para gamers yang menyaksikan langsung turnamen tersebut ataupun menyaksikan turnamen tersebut melalui live streaming via youtube dan twitch. Program esports akan diberikan beberapa pilihan mulai dari pemain e-sports, pelatih, manager, analist, caster, dan diajari menjadi event organizer esports. E-sports bukan hanya menjadi sebuah hiburan, melainkan e-sports dapat dijadikan profesi yang serius untuk para peminatnya. (syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta