Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Budaya & Pariwisata Kapuas

Kapuas Gelar Ritual Adat Pakanan Sahut Lewu

by Opr. SIBER_1 - 2019-03-19 07:33:00 1,370 Dibaca
Kapuas Gelar Ritual Adat Pakanan Sahut Lewu PEMBUKAAN - Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor membuka secara resmi kegiatan acara ritual adat ‘Pakanan Sahut Lewu’ Kabupaten Kapuas Tahun 2019, di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kota Kuala Kapuas, Senin (18/3/2019) sore.
Kapuas Gelar Ritual Adat Pakanan Sahut Lewu SAMBUTAN – Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor menyampaikan sambutan saat kegiatan acara ritual adat ‘Pakanan Sahut Lewu’ Kabupaten Kapuas Tahun 2019, di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kota Kuala Kapuas, Senin (18/3/2019) sore.
Kapuas Gelar Ritual Adat Pakanan Sahut Lewu FOTO BERSAMA – Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor melakukan foto bersama dengan Basir serta tokoh dayak, dan tokoh masyarakat saat pembukaan kegiatan acara ritual adat ‘Pakanan Sahut Lewu’ Kabupaten Kapuas Tahun 2019, di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kota Kuala Kapuas, Senin (18/3/2019) sore.

KUALA KAPUAS - Menjelang Hari Jadi ke – 213 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke – 68 Pemerintah Kabupaten Kapuas yang jatuh pada tanggal 21 Maret mendatang, melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas menyelenggarakan acara Ritual Adat Balian ‘Pakanan Sahut Lewu’ yang mana dilaksanakan oleh Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan, bertempat di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kota Kuala Kapuas, Senin (18/3/2019) sore.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor ditandai dengan pemukulan katambung disaksikan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kapuas Vitrianson, perwakilan forkopimda, segenap kepala perangkat daerah, Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

(Baca Juga : Kambang/Sangkai Duit Sebagai Tradisi Adat Budaya)

Dalam kegiatan pembukaan acara ritual tersebut, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Kapuas menyampaikan dukungan dan menyambut baik terlaksananya acara adat ritual dan budaya tersebut yang dilaksanakan setiap tahun. Hal itu, sejalan dengan visi dan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Kapuas yaitu meningkatkan pembinaan kegiatan kepemudaan, kepramukaan, olahraga, seni budaya serta pengembangan pariwisata.

“Melalui kegiatan ritual adat Pakanan Sahut Lewu seperti ini dapat melestarikan nilai-nilai budaya dan bangsanya, Harapan saya seni dan budaya harus kita jaga, lestarikan dan diperkenalkan di lingkungan pelajar, mahasiswa dan masyarakat sehingga menjadi potensi kebudayaan dan pariwisata daerah sebagai salah satu subjek budaya yang diminati,” ucap Nafiah.

Pada kesempatan itu, Safuani selaku ketua pelaksana menjelaskan acara ritual tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 sampai dengan 21 maret 2019 dengan rangkaian acara adat salah satunya Balian, Memapas Lewu, Laluhan dan Ngarunya.

Kemudian, Sulatin selaku tokoh agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas menjelaskan ritual tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan  yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kapuas sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan diharapkan masyarakat Kabupaten Kapuas dapat hidup tentram, jauh dari marabahaya, sejahtera, rukun dan damai. (hmskmf)

Share: