Peningkatan Kerukunan Beragama di Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari OPR. SIBER_1, 28 Maret 2019 13:22, Dibaca 492 kali.

KUALA KAPUAS - Demi memelihara kerukunan beragama dan berbangsa menuju pemilu 2019 damai di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan sosialisasi dan diskusi pada kegiatan pencapaian halaqoh dan berbagai forum keagamaan dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas H Masrani membuka sosialisasi dan diskusi tersebut di Aula Bappeda, (28/3/2019) pagi, dihadiri oleh unsur forkopimda Kabupaten Kapuas, kepala perangkat daerah, camat, KPU, Bawaslu, pimpinan Parpol, FKUB, FPK, pengurus ormas, LSM, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Olahraga sebagai Proses Pembelajaran)

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani menyampaikan kondisi keberagaman yang ada di Kabupaten Kapuas bisa menjadi potensi dan kekuatan yang besar untuk membangun disegala bidang khususnya di Kabupaten Kapuas. Ia berharap potensi dan kekuatan tersebut dikelola dengan semangat persatuan dan kesatuan serta semangat berbangsa dan bernegara.

"Kondisi keberagaman tersebut menjadi perekat untuk mempertahankan dan meningkatkan kerukunan umat beragama serta mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional sebagai modal dasar dalam melaksanakan pembangunan khususnya di Kabupaten Kapuas yang lebih baik," imbuhnya.

Kemudian, H Masrani menjelaskan dengan kokohnya pilar-pilar kerukunan umat beragama, kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa tersebut akan diuji keutuhannya pada pesta Demokrasi Pemilu 2019.

"Tidaklah mudah mempertahankan dan meningkatkan kerukunan umat beragama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa tanpa adanya keinginan kuat dan peran serta kita semua untuk menjaganya, dengan kegiatan ini semoga menjadi wadah untuk kita dapat terus menjaga kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Kapuas," ucap H Masrani.

Sebelumnya, Syahlan selaku Kepala Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya dan Organisasi kemasyarakatan  Kesbangpol Kabupaten Kapuas dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan tersebut yaitu meningkatkan wawasan keberagaman menuju peningkatan wawasan kebangsaan, menyamakan persepsi tentang pentingnya menjaga kerukunan umat beragama dan bangsa serta upaya mempertahankan dan meningkatkan kerukunan umat beragama dan berbangsa menuju pemilu 2019 damai di Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut, ia menjelaskan narasumber kegiatan tersebut yaitu Direktur Ketahanaan Ekonomi, Sosial dan Budaya Ditjen Polpum Kementerian Dalam Negeri RI yang mana diwakilkan oleh Kasi Kerukunan Umat Beragama Dody Mei Hendra. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta