57 Peserta Meriahkan Lomba Kudapan Berbahan Pangan Lokal

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 29 Maret 2019 15:24, Dibaca 344 kali.

KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas mengadakan Lomba Pengolahan Hasil Pertanian (Lomba Kudapan Berbahan Pangan Lokal) Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2019, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Wanita Lawang Kameloh Kuala Kapuas itu dibuka oleh Isteri Bupati Kapuas Ary Egahni, SH dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Anjono Bhakti beserta jajaran, seluruh Ketua Gabungan Organisasi Wanita yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas dan Ketua TP PKK kecamatan se wilayah Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Ngaben Massal Berlangsung Hikmad Dan Meriah )

Menurut laporan Ketua Panitia Penyelenggara Pitriani Ilham Anwar, jumlah peserta Lomba Kudapan Berbahan Pangan Lokal Tahun 2019 yaitu sebanyak 57 peserta yang terdiri dari TP PKK kecamatan sebanyak 24 peserta, Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebanyak 22 peserta dan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sebanyak 11 peserta.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan yaitu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya penganekaragaman dalam pengolahan pangan lokal. Mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat pada umumnya dalam mengolah produk pangan lokal,  terciptanya kreasi aneka olahan dengan menggunakan bahan dasar jagung serta untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Ary Agahni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada Dinas Pertanian beserta jajaran yang telah menggagas dilaksanakannya kegiatan lomba berbahan pangan lokal.

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan bagaimana seluruh ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK tingkat kabupaten dan kecamatan serta semua ibu-ibu yang juga tergabung dalam organisasi wanita bersama-sama mensosialisasikan, berinovasi dan berkreatifitas bagaimana membuat makanan dari bahan pangan lokal secara khusus dalam hal ini menggunakan bahan pangan jagung.

“Jagung tidak hanya di rebus atau dibuat bakwan tetapi kita akan melihat hasil yang dilakukan para peserta pada hari ini. Untuk itu, saya berharap momentum ini menjadi inspirasi dan stimulan di rumah tangga masing-masing agar dapat menerapkannya di rumah, karena melalui jagung kita pun bisa menikmati aneka varian kreativitas yang kita dapat hari ini,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Anjono Bhakti mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selain dalam memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 213 dan HUT Pemkab Kapuas Ke 68, juga merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian setiap tahunnya. Ia berharap kegiatan tersebut terus terjadi peningkatan, baik dari segi minat peserta lomba maupun kreatifitas dalam mengolah bahan pangan lokal yaitu jagung sebagai bahan dasarnya.

Kemudian, Anjono pun mengajak dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan sentuhan teknologi olahan pangan lokal dengan dukungan kreasi yang menarik serta yang mempunyai cita rasa tinggi sehingga diminati oleh konsumen dan dapat meningkatkan nilai tambah untuk produk tersebut. (Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta