133 Perangkat Desa Wilayah Kecamatan Kapuas Murung di Lantik

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 31 Maret 2019 19:33, Dibaca 417 kali.

KUALA KAPUAS – Sebanyak 133 aparatur desa yang berada di wilayah Kecamatan Kapuas Murung dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan tersebut dilakukan oleh Plt. Camat Kapuas Murung Ahmad M Saribi, MT, di halaman Kantor Desa Palingkau Asri (SP2), Kecamatan Kapuas Murung, Sabtu (30/3/2019). Disaksikan langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat didampingi Isteri Ary Egahni, SH.

Adapun aparatur desa yang dilantik  untuk 19 desa Kecamatan Kapuas Murung yaitu perangkat desa dari Desa Belawang, Desa Bina Karya, Bina Mekar, Karya Bersama, Mampai, Manggala Permai, Muara Dadahup, Palangkau Baru, Palangkau Lama, Palingkau Asri, Palingkau Sejahtera, Palingkau Jaya, Rawa Subur, Saka Binjai, Suka Mukti, Desa Suka Reja, Desa Sumber Mulya, Desa Tajepan dan Desa Talengkung Punai.

(Baca Juga : Bupati Gelorakan Lima Gerakan Revolusi Mental)

Kegiatan tersebut dirangkai dengan peninjauan hasil kegiatan  dana desa dan anggaran dana desa yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018, yang mana di lampirkan dan di pajang melalui spanduk APBDes.

Kemudian dilanjutkan dengan Peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di 19 desa, BUMDES Bersama, Peresmian Kantor Desa Palingkau Asri SP2 ditandai dengan pemotongan pita, dan Peresmian Lapangan Bola “Berkat Jaya” Desa Palingkau Jaya SP1, yang semuanya secara simbolis dipusatkan dalam satu lokasi yaitu Desa Palingkau Asri sebagai Tuan Rumah kegiatan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya seluruh perangkat desa yang berada di 19 desa se wilayah Kecamatan Kapuas Murung dengan harapan agar semua apartur desa dapat bekerja dengan jujur dan ikhlas dalam melayani masyarakat, serta memiliki sikap yang konsisten dan berintegritas.

“Selamat bertugas, selalu layani masyarakat karena tugas kita adalah pelayan masyarakat. Tugas kita adalah mengayomi masyarakat. Harus sigap dalam membantu masyarakat serta wajib mendengarkan aspirasi masyarakat dengan cara terjun langsung ke lapangan agar kerukunan di daerah kita tetap terpelihara,” kata Ben Brahim S Bahat.

Terkait dengan peresmian BUMDES yang dilaksanakan, ia juga berharap agar Badan Usaha Milik Desa yang sudah terbangun di masing-masing desa dapat mensejahterakan warga masyarakat yang berada di desa tersebut. Selain itu, Ben Brahim tetap bertekad dan berkomitmen untuk menyelesaikan jalan yang berada di seluruh wilayah Kecamatan Kapuas.

Ia menyampaikan terkait dengan pengelolaan sampah. Agar mengurangi atau berhenti menggunakan plastik dan mengajak masyarakat untuk membiasakan memakai tas atau membawa sendiri tempat bawaan dari rumah, misalnya tas yang terbuat dari purun.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, pihaknya  akan membuat Peraturan Bupati mengenai pengelolaan sampah, karena hal tersebut menjadi penilaian tersendiri dari pusat. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan golput dalam pemilihan umum serentak yang sebentar lagi dilaksanakan.

“Kita pilih sesuai hati nurani, dan kita terus pelihara kerukunan dan kedamaian, kita sambut Pesta Demokrasi dengan kegembiraan, tidak ada saling sikut menyikut hanya karena perbedaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ary Egahni dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh perangkat desa yang baru dilantik untuk tetap memiliki konsistensi dan berperilaku yang baik dalam bekerja sehingga apa yang menjadi tujuan kepala desa dapat tercapai dengan baik dan lancar.

“Orang yang diberikan tanggung jawab dan memiliki respon kinerja yang baik maka dapat memaksimalkan diri dan dapat menggali potensi diri sehingga ini sebagai salah satu cara untuk mempromosikan diri ke jenjang yang lebih tinggi,” terangnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada semua perangkat desa untuk terus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepala desa yang sudah memberikan amanah, sehingga tugas berikutnya adalah semua pihak dapat tulus bekerja dan berinteraksi dengan baik dalam melayani masyarakat. (Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta