Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Pendidikan

Sekolah Model SPMI Diekspos

by Opr. SIBER_1 - 2019-05-04 19:49:00 1,594 Dibaca
Sekolah Model SPMI Diekspos PENINJAUAN STAND PESERTA - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Drs. Ilham Anwar, M.Pd (tengah) berfoto bersama dengan panitia Ekpose Sekolah Model SPMI Kabupaten Kapuas 2019, dan tim juri Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah, dan petugas stand SMAN 1 Kapuas Barat. Kuala Kapuas, Sabtu siang (04/5/2019).
Sekolah Model SPMI Diekspos FOTO BERSAMA - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Drs. Ilham Anwar, M.Pd (tengah) berfoto bersama dengan panitia Ekpose Sekolah Model SPMI Kabupaten Kapuas 2019, dan tim juri Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah. Kuala Kapuas, Sabtu siang (04/5/2019).

KUALA KAPUAS - Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)  Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan Ekpose Sekolah Model SPMI Kabupaten Kapuas 2019 di Atrium Citi Mall Kapuas. Sabtu siang (04/5/2019).

Roben, S.Sos selaku ketua panitia melaporkan bahwa sekolah model Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) tahun 2019 Kabupaten Kapuas berjumlah 33 sekolah yang terdiri dari 20 sekolah tingkat dasar, 9 sekolah tingkat menengah, 3 sekolah tingkat atas, 1 sekolah kejuruan. Dari 33 sekolah model yang diikutkan dalam kegiatan ini ada 10 sekolah dan nantinya dalam kegiatan ini akan dinilai dan diseleksi  oleh tim juri dari LPMP yang memutuskan 4 sekolah yang akan dikirim untuk perwakilan Kabupaten Kapuas mengikuti Ekspose Sekolah Model SPMI tingkat Provinsi.

(Baca Juga : Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM))

Peserta kegiatan ini menampilkan dokumen tertulis, foto, dan video hasil kegiatan SPMI, profil sekolah, program unggulan sekolah, dan prestasi yang dicapai sekolah. Seorang guru yang bertugas menjaga stand SMAN 1 Kapuas Barat Negu, S.Pd menuturkan bahwa pihaknya antusias mengikuti pameran SPMI ini sebab kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan hasil produk dari mata pelajaran kewirausahaan di sekolahnya kepada masyarakat. "Produk unggulan kami madu kelulut, siswa kami didampingi guru memiliki budidaya lebah kelulut di sekolah. Saat ini hasil panen madu kami hanya dipasarkan di Kapuas Barat sehingga besar harapan kami agar budidaya ini dapat menjadi lebih besar dengan lingkup pemasaran yang lebih luas", katanya.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi Radison Laun, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan saat ini terdapat 280 sekolah model SPMI  yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Sekolah model adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP untuk menjadi  sekolah acuan bagi sekolah lain disekitarnya. Setiap sekolah model mendapatkan bantuan dan dari pemerintah sebesar Rp7 juta, bimbingan teknis, dan mendapatkan pendampingan dari fasilitator daerah dan LPMP Kalimantan Tengah.

Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM.,MT dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Drs. Ilham Anwar, M.Pd mengungkapkan penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen satuan pendidikan, sehingga perlu adanya kesadaran kolektif dalam proses peningkatan mutu yang dilakukan secara terus menerus yang diwujudkan melalui penjaminan mutu secara mandiri sesuai dengan standar mutu pendidikan. (hmskmf)

Share: