LAPOR Bentuk Partisipasi Masyarakat

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 12 Mei 2019 14:49, Dibaca 181 kali.

oleh

Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

(Baca Juga : Pj Bupati Lakukan Bukber Bersama )

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 

Pelayanan publik seyogianya bermutu dan responsif. Bermutu yang dimaksud memiliki kualitas memenuhi harapan publik. Responsif artinya memiliki kecepatan merespons perubahan- perubahan, baik internal maupun eksternal. Pelayanan publik bermutu dan responsif dapat diwujudkan jika terdapat prinsip mengenai transparansi dan partisipasi. Transparansi tertuju pada adanya kebijakan terbuka bagi pengawasan dan informasi mengacu pada informasi mengenai setiap aspek kebijakan pemerintah yang dapat dijangkau oleh publik (Gani dan Rochman, 2000).

Keterbukaan informasi diharapkan akan menghasilkan kebijakan yang dibuat berdasarkan pada preferensi publik. Upaya dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta melakukan pengaduan, menyediakan sarana pengaduan masyarakat, serta penanganan pengaduan yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut pengelola layanan publik Kabupaten Kapuas mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR versi 3.0.

Penerapan sistem online dalam pengaduan akan memudahkan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terkait dalam pelaksanaan suatu sistem pengaduan. Media digital menjadi suatu kebutuhan pada masyarakat dalam mendapatkan sumber informasi. Dengan adanya fenomena tersebut, hal ini dijadikan sebagai potensi bagi pemerintah daerah untuk melakukan pemantauan kinerja. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis sistem informasi dan teknologi, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pengaduan dimanapun dan kapanpun. Perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dengan melakukan pengaduan. Sirkulasinya pengaduan tersebut diterima, diproses, ditindaklanjuti, dan diselesaikan oleh pemerintah berdasarkan instansi terkait.

Laporan yang telah tervalidasi di dalam LAPOR kemudian didisposisikan ke Pemerintah Daerah yang relevan untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Penerapan transparansi ke dalam sistem pengaduan seperti ini masyarakat dapat mengawasi tindak lanjut pengaduan dari instansi terlapor. Kemudahan sistem aplikasi yang ada dalam LAPOR menjadi sarana untuk masyarakat melakukan pengaduan dengan cepat dan mudah. Masyarakat berhak tahu hal yang direncanakan dan sedang dilakukan pemerintah daerah dan pemerintah daerah pun memiliki kewajiban memberikan informasi kepada publik. Masyarakat berperan memberikan laporan kepada pemerintah daerah dan pemerintah daerah wajib mengelola laporan tersebut.

Pengaduan masyarakat merupakan suatu bentuk partisipasi masyarakat supaya penyedia pelayanan publik dapat mendengar keluhan dari masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan pelayanan publik dapat memperhatikan hal yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih baik. Pengaduan dari masyarakat sangat penting untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan publik. Dengan demikian pemerintah daerah memperbaiki kinerja tertitik pada pelaksanaan transparansi. LAPOR bukan hanya menyediakan informasi dari masyarakat, melainkan masalah yang ada pada masyarakat pun dapat terselesaikan.

Tata kelola pemerintahan yang baik salah satunya tercermin pada kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah. Pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat akan memberi nilai positif dalam menciptakan dukungan terhadap kinerja pemerintah daerah. Masyarakat selalu berperan serta dalam pembangunan dan tersedianya hak masyarakat terhadap akses informasi serta dapat melaporkan hal yang tidak baik berkaitan dengan kualitas pelayanan publik. (syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta