Manjakan Lidah di Kapuas Ramadhan Fair

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 14 Mei 2019 09:41, Dibaca 295 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Kapuas Kembali Raih WTP)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Ramadan sebagai bulan pengendalian diri termasuk di dalamnya pengendalian konsumsi. Berpuasa pada bulan ramadan bagi sebagian orang dapat berarti harus menyiapkan makanan enak. Menu makanan yang bisa jadi tidak tersajikan di bulan-bulan lainnya, tetapi sudah menjadi kebiasaan harus diusahakan tersedia. Hal itu tidak hanya menyangkut makanan berat, tetapi juga minuman segar dan kue-kue yang harus tersedia pada waktu berbuka puasa.

Adanya tradisi untuk memanjakan lidah tersebut menyebabkan munculnya tradisi lain berupa hadirnya pasar ramadan. Keberadaan pasar ramadan merebak hampir setiap daerah di kabupaten/kota. Demikian juga halnya dengan Kabupaten Kapuas. Pemerintah daerah mengakomodasi kepentingan masyarakat yang memerlukan pasar ramadan dengan menetapkan suatu lokasi tertentu dan juga dengan cara menyediakan outlet-outlet khusus untuk menampung masyarakat berjualan. Pelaksanaan Kapuas Ramadhan Fair diresmikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kapuas dengan pengguntingan pita, tetapi tentu tidak dengan cara mencicipi kue atau makanan yang dijual di sana karena masih berpuasa. Pengguntingan pita tersebut sebagai tanda dibukanya kampung ramadan, pasar wadai, dan kuliner Ramadhan 1440 Hijriah atau tahun 2019 Masehi di Kabupaten Kapuas. 

Gairah dalam perayaan Pelaksanaan Kapuas Ramadhan Fair yang dapat menumbuhkan potensi pasar. Peningkatan permintaan didorong oleh kecenderungan budaya konsumtif sesaat sebagai bagian dari semangat perayaan. Hal ini sesuai dengan teori Kotler (1995) bahwa perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Semangat perayaan ramadan merangkum empat faktor yang disebutkan Kotler di atas. 

Kampung ramadan, pasar wadai, dan kuliner ramadan oleh pemerintah daerah dijadikan event wisata. Dalam sambutan saat peresmian Bupati Kapuas mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Kapuas yang telah menggagas ide dilaksanakannya Kampung Ramadhan di lingkungan Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas. Masyarakat berdatangan silih berganti memadati Kapuas Ramadhan Fair. Pasar ramadan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Beliau mengajak supaya bersama-sama menghidupkan ekonomi kerakyatan dengan salah satunya membeli kuliner yang ada. 

Acara yang dipusatkan di lingkungan Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas bertemakan “Dengan hikmah Ramadhan tingkatkan amal ibadah taburkan kepedulian dan kasih sayang kepada sesama”. Sebagai entitas sosial budaya, masyarakat Kapuas mempunyai ciri khas budaya sebagai penanda dalam pelaksanaan Kapuas Ramadhan Fair. Kampung Ramadan dan pasar wadai tidak hanya menyediakan kue-kue khas, misalnya kue lapis, amparan tatak, kararaban, bingka barandam, bingka kentang, dan lain-lain yang manis dan lezat. Selain itu, jenis lauk-pauk yang biasanya dijual seperti iwak haruan dan papuyu babanam, ayam panggang, sambal goreng hati, tarung babanam basantan dan makanan lainnya yang diperuntukkan untuk makan malam ataupun untuk menu sahur. Dalam perkembangan mutakhir, pasar wadai sudah bertransformasi menjadi pasar semi-tradisional karena di situ juga dijual kopiah dan baju serta ada stand dealer sepeda motor yang memasarkan produknya.

Semua pedagang kue di pasar wadai ramadan diuntungkan dengan adanya lokasi pasar khusus yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. Seiring dengan Ramadan bulan keberkahan dan untuk mencapai keberkahan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara dan strategi. Pemerintah daerah berusaha mengaktualisasikannya dalam praktik menyiapkan tempat dan diikuti oleh 65 lapak yang disediakan terdiri dari pedagang kuliner tanpa di pungut biaya. (syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta