Kepedulian Sosial melalui Pasar Penyeimbang

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 21 Mei 2019 19:32, Dibaca 138 kali.

Oleh Dr Rusma Noortyani MPd

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

(Baca Juga : Pemkab Kapuas Jalin Kerja Sama Bersama Ombudsman RI )

 

 

Kepedulian sosial bukan untuk mencampuri urusan orang lain, melainkan lebih pada ikut merasakan hal yang dirasakan orang lain serta membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orang lain dengan tujuan kebaikan. Kepedulian menyangkut tugas, peran, dan hubungan dalam bermasyarakat. Ketika peduli dengan orang lain artinya akan merespon positif hal yang diperlukan oleh orang lain dan mengeksresikan menjadi sebuah tindakan.

Kepedulian terkait dengan tugas selalu berusaha untuk menghargai, berbuat baik, dan membuat yang lain bahagia. Tindakan bagian dari kepedulian dapat dilakukan, baik dengan menebarkan kebaikan, dermawan, perhatian, maupun memberikan bantuan. Karakter kepedulian sosial harapannya terus dipertahankan sebagai bentuk semangat persatuan dan selalu dipegang teguh oleh setiap anggota masyarakat. Kepedulian pemerintah di Kabupaten Kapuas dalam memberikan layanan pada masyarakat dapat dilihat dari pelaksanaan Pasar Penyeimbang. Pasar ini sebagai solusi agar tidak melonjaknya harga barang-barang pokok terkait menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Menyitir penjelasan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas bahwa adanya antisipasi Pasar Penyeimbang sebagai upaya untuk menyeimbangkan harga-harga bahan pokok yang mengalami kenaikan.

Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Pasar Penyeimbang yang menyediakan paket sembako murah yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas mengajak seluruh instansi-instansi untuk berpartisipasi agar kegiatan ini dapat lebih terealisasi dengan baik. Pasar Penyeimbang ini dapat juga dijadikan sarana untuk mempromosikan segala potensi yang ada, baik di dalam dan luar daerah, serta sarana promosi perdagangan. Kontribusi dari berbagai pihak sangat berarti bagi keberlangsungan kegiatan.

Pelaksanaan Pasar Penyeimbang mulai tanggal 25 Mei 2019 sampai menjelang Idul Fitri ini sebagai bentuk kerjasama dan saling peduli pemerintah daerah dengan masyarakat. Kepedulian sosial diwujudkan dalam bentuk bantuan baik secara pikiran, tenaga, uang, dan saran yang bisa memberikan kontribusi untuk meringankan beban seseorang. Kepedulian sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan (Yusuf, Sugandhi, 2011).

Aktivitas kegiatan kepedulian sosial akan menyuburkan sifat kebaikan dan menegakkan keadilan sosial untuk masyarakat. Pasar Penyeimbang dengan segala keutamaannya menjadi lebih bermakna bagi masyarakat. Hal tersebut sebagai bentuk ikatan sosial, silaturahmi, dan motivasi untuk bangkitnya rasa kepedulian sosial dalam masyarakat. Hendaknya rasa kepedulian mampu menggerakkan masyarakat untuk mengatasi berbagai fenomena sosial yang dijumpai.

Fenomena keberadaan masyarakat yang mampu dan yang kurang mampu jika bisa saling membantu tidak akan timbul kesenjangan yang semakin bertambah. Hal ini justru sebagai wujud dari karakter kepedulian sosial dapat terlaksana. Adanya kehidupan masyarakat yang beragam, baik dari keberagaman suku, ras, agama, pekerjaan, jenis kelamin, maupun warna kulit dapat disatukan. Seyogianya hal itu tidak menjadi sebuah perbedaan yang harus dipertentangkan di lingkungan masyarakat. Keberagaman sudah mendominasi masyarakat dan berlangsung begitu lama, sehingga terjalin sebuah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari diantara anggota masyarakat. Pasar dapat dijadikan tempat berinteraksi antaraindividu dengan individu, kelompok dengan individu, dan kelompok dengan kelompok. Pasar Penyeimbang bisa juga dikatakan pasar daerah yang melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah di Kabupaten Kapuas.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta