Strategi Kegiatan Pesantren Ramadan

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 22 Mei 2019 14:48, Dibaca 286 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Ribuan Umat Kristiani Ikuti Pawai Lilin)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


Pesantren ramadan menjadi kegiatan yang dapat dilakukan oleh pihak lembaga dalam bidang pendidikan agama Islam. Kegiatan ini bertujuan memperdalam pemahaman agama, pembinaan akhlak, dan pengamalan ibadah kepada para peserta pesantren ramadan dan waktunya dilakukan pada saat bulan Ramadan. Pesantren ramadan dapat diisi dengan salat dan membaca Al Qur’an. Pesantren ini dijadikan proses dari rangkaian pendidikan untuk membantu para peserta pesantren ramadan dalam beragama, sehingga memiliki kesadaran dalam meyakini dan mengamalkan ajaran agama Islam.

Bulan Ramadan tahun 1440 H ini diselenggarakan kegiatan pesantren ramadan yang diadakan oleh Angkatan Muda Masjid Al Mukarram. Durasi pelaksanaan mulai tanggal 15 sampai dengan 21 Mei 2019 bertempat di Masjid Agung Al Mukarram Kapuas. Kegiatan meliputi bimbingan keimanan, bimbingan akhlak, bimbingan praktik agama, dan bimbingan praktik membaca Al Qur’an. Bimbingan keimanan mengacu pada iman, rukun iman, pengertian Islam, dan ihsan. Bimbingan akhlak diisi dengan akhlak terhadap sesama muslim, cara berbuat baik terhadap sesama muslim, menghindari sifat-sifat tercela, patuh kepada orang tua. Bimbingan praktik ibadah dilakukan dengan salat tarawih, witir, salat tahajud, dhuha, tahayatul masjid, salat sunah lainnya. Bimbingan praktik membaca Al Qur’an berisi praktik membaca Al Qur’an, menghapal surah-surah, membaca Al Qur’an dengan tajwid, menyalin surah Al Qur’an, riwayat turunnya Al Qur’an. Doa-doa yang diajarkan berupa doa harian seperti doa untuk kedua orang tua, doa sebelum makan, doa setelah selesai salat wajib. 

Strategi yang digunakan dalam kegiatan pesantren dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan, yakni: pertama, pendekatan pengalaman, yaitu pemberian pengalaman kegiatan kepada para peserta pesantren ramadan dalam rangka menanamkan nilai-nilai keagamaan. Dengan pendekatan ini para peserta pesantren ramadan diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman keagamaan, baik secara individual maupun berkelompok. Misalnya para peserta pesantren ramadan melakukan salat zuhur berjamaah, salat rawatib, dan lain-lain. Kedua, pendekatan pembiasaan, yaitu memberikan kesempatan kepada para peserta pesantren ramadan untuk senantiasa mengamalkan contoh mengucapkan salam, membaca kalimat thayyibah. Ketiga, pendekatan emosional, yaitu usaha menggugah perasaan dan emosi para peserta pesantren ramadan dalam meyakini, memahami, dan menghayati ajaran agama. Misalnya mengembangkan perasaan keagamaan para peserta pesantren ramadan, melalui bukti-bukti kebesaran Allah swt  dan cerita-cerita yang mengandung kebenaran. 

Proses bimbingan yang diberikan kepada para peserta pesantren ramadan seyogianya dapat dihayati dan diamalkan. Materi yang diberikan oleh pembimbing pesantren ramadan melalui penjelasan berbagai ibadah, baik bersifat wajib maupun sunah. Salat berjamaah yang dilaksanakan dapat menanamkan ketaatan menjalani ibadah. Pembiasaan salat berjamaah ini diarahkan pembimbing pesantren sebagai imamnya.

Pembiasaan para peserta pesantren ramadan untuk terlibat dalam kegiatan ibadah. Ibadah mulai dari pengetahuan, mengamalkan dengan mempraktikkan dalam keseharian. Bimbingan berupa pengalaman akan tertanam pada diri para peserta pesantren ramadan. Peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an diharapkan selalu menjadi rutinitas membaca Al Qur’an, baik selama bimbingan maupun setelah pesantren ramadan berakhir. Sikap positif dan kebiasaan mengamalkan ajaran Islam secara terus-menerus akan dilanjutkan. Karena waktu pelaksanaan pesantren ramadan yang tidak terlalu lama, materi-materi yang diberikan bersifat praktis yang langsung dapat diamalkan para peserta pesantren ramadan.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta