Wajah Kampung Ramadan

Kontribusi dari OPR. SIBER_1, 24 Mei 2019 13:25, Dibaca 441 kali.

Oleh

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Warga Tidak Panik dan Tetap Waspada)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia 

 


Kampung hadir dengan lingkungan tradisional yang khas dan ditandai dengan ciri kehidupan yang terjalin dalam ikatan kekeluargaan yang erat. Pola pembentukan kampung dapat mendeskripsikan suatu gambaran yang tepat terkait dengan penataan kondisi fisik bangunan dan lingkungan yang benar dan akan mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai.

Kampung pada dasarnya merupakan suatu permukiman dengan jumlah penduduk yang padat dan memiliki ciri khas berupa kekentalan sosial budaya, seperti kebersamaan dan kekeluargaan. Demikian juga dengan Kampung Ramadan yang diselenggarakan Kabupaten Kapuas dalam upaya memeriahkan bulan suci Ramadan. Kampung ini berada dalam lingkungan Masjid Agung Al Mukarram Amanah Kuala Kapuas. Komplek pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi ini sangat mendukung adanya kampung ramadan. 

Kegiatan di kampung ini berlangsung ketika bulan Ramadan. Pelaksanaan Kampung Ramadan dapat menjadi salah satu cermin kehidupan beragama di ranah kehidupan sehari-hari. Sarana untuk meningkatkan ketakwaan, mewujudkan solidaritas sesama, sarana berbagi, dan sarana pendidikan jiwa. Kampung ini sebagai upaya memeriahkan bulan suci Ramadan serta memotivasi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan dan menyiapkan lebih baik lagi segala fasilitas pendukung untuk kampung ramadan. Pemerintah Kabupaten Kapuas telah berupaya membantu para pedagang untuk berjualan di kawasan Kapuas Ramadhan Fair. 

Pusat kuliner masyarakat permanen maupun musiman di bulan Ramadan yang menggratiskan tempat agar pedagang lebih semangat dan jumlah pedagang pun semakin banyak selama sebulan penuh dalam rangka menarik minat. Adanya program Kampung Ramadan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Di dalamnya juga terdapat nilai-nilai kepeloporan, pembaharuan termasuk semangat rekonsiliasi dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. Kampung ini dikunjungi masyarakat yang turut berkontribusi dalam pembangunan di daerah.

Kampung dengan segala aktivitasnya dapat memberi gambaran tentang kehidupan dengan karakteristik yang masih memiliki sistem sosial dan budaya yang mengikat. Partisipasi masyarakat dan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Kampung diangkat sebuah ide agar bulan Ramadan lebih semarak dari perayaan hari-hari besar yang lain. Kehadiran kampung ini diharapkan perekonomian warga kampung, terutama yang berjual makanan, tetap dapat berjalan karena meskipun pada siang harinya mereka tidak dapat berjual makanan. Namun, pada sore hari menjelang buka puasa mereka dapat tetap berjualan dan memeroleh pemasukan. Program pemberdayaan ekonomi ini mampu menggerakkan daya beli dan tingkat kesejahteraan jamaah di sekitar masjid yang lebih baik di dalamnya. 

Situasi yang mendukung saat berbelanja menunggu waktu berbuka. Kegiatan keagamaan selama Ramadan berupa lomba membaca Al Qur’an, busana muslim, lagu religi dalam satu pentas seni. Ruang bersama yang disediakan untuk berinteraksi. Kampung sebagai proses pemenuhan keperluan saat ramadan melalui informasi proses, mempunyai potensi yang besar dalam national housing supply, compatible dengan budaya. Kegiatan Kampung Ramadan Berkah 1440 H ini merupakan salah satu program bertujuan membangkitkan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Komplek di Islamic Center terdiri dari masjid dan lingkungan pendidikan dari TK, MI, MTs, MA & STAI menjadi bangunan yang mempunyai nilai dan informasi penting dari generasi ke generasi. Pola penyusunan pembagian ruang dan fungsi yang sesuai sebagai wajah dari suatu kampung Ramadan. Kampung ini menjadi kekayaan daerah yang penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan.(syatkmf)
 

 

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta