Ekspresi Positif Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur

Kontribusi dari OPR. KIP KOMINFO_1, 27 Mei 2019 10:12, Dibaca 254 kali.

Oleh 

Dr Rusma Noortyani MPd

(Baca Juga : Disdukcapil Kapuas Jemput Bola Langsung Perekaman KTP-EL Di Desa Sei Jangkit Kecamatan Bataguh)

Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia

 


“Saya bangga karena Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur ini tidak semua Kabupaten menyelenggarakannya. Saya berharap kegiatan ini harus terus terlaksana setiap tahun dan kami Pemerintah Daerah selalu mendukung kegiatan ini.” Kalimat ini diungkapkan Bupati Kabupaten Kapuas dalam sambutan saat pembukaan Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur pada hari Sabtu, 25 Mei 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan 1440 H dan ditandai malam ke 21.

Pawai yang diadakan malam salikur di bulan Ramadan mengajak masyarakat untuk melihat dan memanfaatkan Jalan Sudirman yang biasanya digunakan untuk keperluan transportasi. Saat kegiatan berlangsung tampak mobil, becak, dan motor yang berhias lentera dan beriringan dimulai dari Jalan Sudirman di depan Rujab Bupati kemudian Taman Kartini, Lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Soeprapto, Jalan A. Yani dan berakhir di Jalan Tambun Bungai Komplek Masjid Agung Al Mukarram tempat lokasi Kampung Ramadan. Ketika pembukaan pawai diawali dengan penampilan pemenang juara satu tari pesisir pada Festival Budaya Isen Mulang 2014 lalu yaitu Tari Maniti Gumilang (menuju kejayaan) dari sanggar Tingang Menteng Pahunjung Tarung. Masyarakat turut hadir untuk menyaksikan secara langsung Pawai Tanglong yang diikuti oleh instansi pemerintah, pengurus masjid, pengurus musala, kelompok pengajian, dan komunitas menjadi wujud kemeriahan. Pawai Tanglong menampilkan nuansa Islami sesuai dengan tema kegiatan. 

Wakil Bupati Kapuas yang juga menjabat Ketua Umum Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas dalam laporannya yang dibacakan oleh Tommy Saputra, Ketua Harian PHBI Kabupaten Kapuas, menyampaikan kegiatan Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang telah terprogram dalam program kerja masa kepengurusan PHBI Kabupaten Kapuas periode 2019-2023. Program ini mempunyai sebuah potensial pengembangan tradisi untuk selalu memelihara kerukunan, kedamaian, ketentraman, dan persatuan.

Setiap deretan dari pawai mengeluarkan musik dari benda bekas, seperti ember, botol, panci dan ada juga bambu. Suaranya campur aduk di jalan yang meneguhkan bahwa malam itu sedang berlangsung Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur. Bentuk-bentuk lampion dan ornamen sangat terasa nuansa Islam lebih banyak muncul melalui replika binatang unta, replika masjid, replika bedug, replika Ka’bah yang dipasang di mobil. Meskipun peserta Pawai Tanglong masing-masing membawa kekhasannya, hampir semua bertuliskan Marhaban Ya Ramadan dan himbauan damai pasca pileg dan pilpres. Sejalan dengan himbauan dari Bupati Kapuas agar seluruh masyarakat di Kabupaten Kapuas memelihara kerukunan dan kedamaian karena kita semua bersaudara. Pencapaian ketentraman dapat dilakukan melalui tindakan-tindakan positif secara bersama-sama bersatu untuk kehidupan bersama. 

Tahun ini sudah dirasakan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kapuas dan sekaligus memberi kesadaran serta mengajak untuk mengembangkan tradisi melalui Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur. Kreativitas yang ditampilkan malam Pawai Tanglong dan Musik Bagarakan Sahur diharapkan terus tumbuh dan dapat dikemas selalu berbeda, baik tema, konsep penampilan maupun bahan-bahan yang digunakan. Tampilan estetika merupakan potensi untuk perkembangan pariwisata. Upaya ini dilakukan agar lebih menarik dan memberikan kesadaran terhadap masyarakat berbagai ekspresi-ekspresi positif untuk menghidupkan dan memperindah acara di masa yang akan datang.(syatkmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta